Pemanfaatan Media Tiga Dimensi Sebagai Sarana Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang

Roosyanti, Anna (2019) Pemanfaatan Media Tiga Dimensi Sebagai Sarana Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang. Univ. Islam Negeri Alauddin Makassar. (Unpublished)

[img] Text
2. Cek Plagiasi_Pemanfaatan Media Tiga Dimensi Sebagai Sarana Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Tawangsari I Sidoarjo pada materi bangun ruang melalui pemanfaatan media tiga dimensi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Tawangsari I Sidoarjo sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis hasil tes dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil belajar siswa pada materi bangun ruang berperan sebagai objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi bangun ruang meningkat melalui pemanfaatan media tiga dimensi. Nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat pada siklus II menjadi 85,71 dari siklus I sebesar 73,38, dengan peningkatan persentase ketuntasan siswa yang meningkat dari siklus I sebesar 64,7% menjadi 94,3% pada siklus II. Hasil tersebut diikuti dengan peningkatan presentase aktivitas guru sebesar 11% dan presentase aktivitas siswa sebesar 26,5%. Kata Kunci: Media Tiga Dimensi, Hasil Belajar Siswa, Materi Bangun Ruan

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 14 May 2024 01:33
Last Modified: 14 May 2024 01:33
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/18305

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year