Mulya, Thalia Hafitsa (2024) Asas Keamanan dan Keselamatan Konsumen Terhadap Pengguna Jasa Layanan Pinjaman Online. Masters (S2) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (767kB) | Request a copy |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) | Request a copy |
|
Text
Hasil Turnitin Tesis S2 Thalia (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text
Hasil Turnitin Tesis S2 Thalia (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text
ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) | Request a copy |
Abstract
Tesis ini memiliki judul “Asas Keamanan dan Keselamatan Konsumen Terhadap Pengguna Jasa Layanan Pinjaman Online”, dilatarbelakangi oleh maraknya layanan pinjaman online dewasa ini dan masyarakat yang rupanya masih sulit membedakan antara pinjaman yang legal dan illegal. Rumusan masalah yang diangkat oleh penulis adalah terkait dengan bagaimana karakteristik layanan pinjaman online di Indonesia dan bagaimana perlindungan hukum bagi pengguna layanan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Statute Approach atau pendekatan perundang-undangan. Hasil penelitian yang ditemukan oleh penulis adalah pinjaman online yang legal adalah pinjaman online yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dan diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor: 10/POJK.05/2022 Tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi, terkait dengan perlindungan hukum pengguna layanan pinjaman online legal telah diatur juga dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor: 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi dan Perlindungan Hukum bagi pengguna layanan pinjaman online tetap diatur sesuai dengan Undang-Undang Hak Asasi Manusia dan untuk pinjaman online illegal adalah pinjaman yang tidak terdaftar dalam Peraturan Jasa Keuangan dapat dinyatakan batal demi hukum. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penulis dapat menyarankan agar Pengguna Layanan Pinjaman Online lebih berhati-hati dan memilih pinjaman online yang legal dan perlu adanya koordinasi antar intansi pemerintah terkait untuk melakukan peningkatan peraturan perundang-undangan agar dapat lebih mengikat dan menjamin kepastian hukum serta melakukan sosialisasi terhadap aturan Pinjaman Online di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Hukum, Pinjaman Online, Legalitas. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HG Finance H Social Sciences > HJ Public Finance H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare K Law > K Law (General) L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Law > Master in Law Sciences Study Program |
Depositing User: | Thalia Hafitsa Mulya |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 05:52 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 05:52 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/18255 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year