Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Matriks Kelas Xi Sma Hang Tuah 4 Surabaya

Saniscari, Ni Kadek Puspawati (2024) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Matriks Kelas Xi Sma Hang Tuah 4 Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi] (Unpublished)

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB) | Request a copy
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Siswa yang memiliki kecerdasan emosional dan efikasi diri dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar matematika dan meningkatkan lingkungan belajar mereka . Dari hasil wawancara Ibu Nurul Musdalifah, S.Pd terdapat fakta jika masih ada siswa yang kurang percaya diri saat maju kedepan, tidak bisa menyelesaikan soal yang dianggapnya sulit yang menyebabkan tidak adanya motivasi dari dalam diri siswa, siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika, saat mendapat pekerjaan berkelompok ada siswa yang masih tidak mau bersosialisasi. Siswa juga tidak memiliki keyakinan diri saat mengerjakan tugas atau saat ujian yang menyebabkan siswa memilih untuk menyontek pekerjaan teman yang dianggapnya pandai Terdapat dua hal yang saling berkaitan dalam proses pembelajaran, yaitu kecerdasan emosional dan efikasi diri. Berdasarkan latar belakang masalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu : apakah ada pengaruh kecerdasan emosional dan efikasi diri terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecerdasan emosional dan efikasi diri terhadap hasil belajar siswa materi matriks Kelas XI SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Variabel bebas dalam peneletian ini adalah kecerdasan emosional dan efikasi diri dan variabel terikat adalah hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di SMA Hang Tuah 4 Surabaya yang dilaksanakan bulan Januari 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain analisis regresi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket untuk kecerdasan emosional dan efikasi diri serta tes matriks untuk hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan efikasi diri terhadap hasil belajar siswa materi matriks kelas XI SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Dibuktikan nilai F_hitung= 7,295 dan nilai F_tabel sebesar 3,327. Sehingga nilai F_hitung (7,295)> F_tabel (3,327) dengan nilai signifikan sebesar 0,003< 0,05 maka H_1 diterima dan H_0 ditolak.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PKM/ LPPM/BP3 > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Ni Kadek Puspawati Saniscari ManikMas
Date Deposited: 26 Apr 2024 03:38
Last Modified: 26 Apr 2024 03:38
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/18044

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year