KARAKTERISTIK JUAL BELI ELEKTRONIK DENGAN METODE PEMBAYARAN DITEMPAT DALAM LOKA PASAR TIKTOK SHOP

siregar, moch reyhan Zulkarnaen (2024) KARAKTERISTIK JUAL BELI ELEKTRONIK DENGAN METODE PEMBAYARAN DITEMPAT DALAM LOKA PASAR TIKTOK SHOP. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
BAB I REYHAN.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB II REYHAN.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB III REYHAN.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV REYHAN.pdf

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR BACAAN REYHAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DRAFT AWAL REYHAN.pdf

Download (385kB)
[img] Text
jurnal reyhan .pdf

Download (267kB)
[img] Text
TURNITINE FULL.pdf

Download (7MB)
[img] Text
TURNITINE PERSEN.pdf

Download (45kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini yang berjudul “KARAKTERISTIK JUAL BELI ELEKTRONIK DENGAN METODE PEMBAYARAN DITEMPAT DALAM LOKA PASAR TIKTOK SHOP” bertujuan untuk mengetahui memahami dan mengkaji apa yang menjadi dasar hukum mengenai karakteristik dan keabsahan perjanjian jual beli melalui media elektronik dengan metode pembayaran COD dalam marketplace Tiktok Shop. Metode penelitian yang digunakan adalah normatif yang berarti, penelitian ini berdasarkan pada analisis bahan-bahan hukum dari literatur dan merupakan suatu metode untuk menemukan aturan hukum, doktrin-doktrin hukum, dan prinsip-prinsip hukum. Sumber bahan hukum yang dimanfaatkan didalam penelitian ini adalah dengan menggunakan studi kepustakaan. Penulis akan menganalisa bahan hukum primer dan sekunder yang diperoleh dari perpustakaan, buku literatur, karya tulis, jurnal hukum, jurnal tentang jual beli, pendapat ahli, hasil penelitian sarjana, dan juga para ahli hukum, jurnal, internet. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik jual beli menggunakan media elektronik dan memahami keabsahan dari jual beli menggunakan media elektronik. Dalam hal keabsahan jual beli menggunakan media elektronik sesuai dengan isi dari Pasal 1320 KUHPerdata mengenai syarat sah nya suatu perjanjian. Syarat sahnya perjanjian dapat dibagi menjadi empat yaitu: kesepakatan, kecakapan, suatu hal tertentu dan suatu sebab yang halal. Konsep jual beli menggunakan media elektronik pun tercantum pada 1338 KUHPerdata yang menyebutkan bahwa segala perjanjian yang dibuat secara sah sebagaimana diatur dalam 1320 KUHPerdata berlaku sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya, atau mengikat kedua belah pihak. Pasal ini menegaskan bahwa pembeli dan penjual memiliki kebebasan untuk menetapkan perjanjian, selama Tindakan tersebut tidak meelanggar norma-norma hukum. Kata Kunci: karakteristik, perjanjian, keabsahan, Loka Pasa Tiktok Shop

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Law Sciences Study Program
Depositing User: SH REYHAN REYHAN
Date Deposited: 18 Apr 2024 07:57
Last Modified: 18 Apr 2024 07:57
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/17999

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year