Dauhan, Angellina Parasyati (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) DI SMP NEGERI 10 SURABAYA. Bachelor (S1) thesis, WIJAYA KUSUMA SURABAYA UNIVERSITY.
Text
ABSTRAK SRA .pdf Download (502kB) |
|
Text
BAB 1 .pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 2 .pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3 .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4 .pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
CEK PLAGIASI 1.pdf Download (29kB) |
|
Text
CEK PLAGIASI 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
|
Text
JURNAL SRA.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
Abstract
Kekerasan terhadap anak di lingkungan pendidikan menjadi perhatian serius. Pemerintah merespons dengan menerapkan kebijakan Sekolah Ramah Anak, yang diatur dalam Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 8 Tahun 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 10 Surabaya serta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melibatkan subjek penelitian seperti kepala sekolah, guru dan siswa SMP Negeri 10 Surabaya. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi, sementara analisis data mengacu pada model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan melibatkan (1) Komunikasi, adanya sosialisasi mengenai Kebijakan Sekolah Ramah Anak kepada seluruh pihak terkait seperti guru, siswa dan orang tua; (2) Sumber daya manusia dan sumber daya sarana prasarana yang mendukung Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak dan sumber daya finansial yang mengambil dari dana BOSNAS dan BOSDA; (3) Disposisi, adanya sikap yang positif dan komitmen pihak sekolah untuk terus mengimplementasikan Kebijakan Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 10 Surabaya; (4) Struktur Birokrasi, struktur organisasi Kebijakan Sekolah Anak bukan hanya mengikuti struktur organisasi sekolah melainkan juga tertuang dalam suatu struktur tersendiri yang terlampir dalam dalam Surat Keputusan (SK) tentang Tim Pelaksana SRA SMP Negeri 10 Surabaya. Faktor pendukung melibatkan dukungan dari berbagai pihak, sikap dan komitmen positif pihak sekolah. Di sisi lain, faktor penghambat mencakup kurangnya partisipasi orang tua, perbedaan latar belakang, kendala infrastruktur sekolah dan bullying secara verbal. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Sekolah Ramah Anak
Item Type: | Thesis (Bachelor (S1)) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JC Political theory J Political Science > JF Political institutions (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Polotical Science Study Program |
Depositing User: | Angellina Angellina Parasyati Dauhan |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 01:55 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 01:55 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/17893 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year