QUARTER LIFE CRISIS DALAM NOVEL GAME OVER KARYA VALERIE PATKAR : KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA

Nuraeni, Diyah Ayu (2024) QUARTER LIFE CRISIS DALAM NOVEL GAME OVER KARYA VALERIE PATKAR : KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (636kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
Official URL: Http://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk quarter life crisis pada novel Game Over karya Valerie Patkar, (2) faktor penyebab quarter life crisis pada novel Game Over karya Valerie Patkar, dan (3) nilai pendidikan dalam novel Game Over karya Valerie Patkar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysis yang menghasilkan data tertulis dari novel. Teknik yang digunakan adalah teknik pengumpilan data dan teknik analisis data. Sumber data penelitian ini adalah novel Game Over karya Valerie Patkar yang diterbitkan oleh Bhuana Ilmu Populer pada tahun 2022 (cetakan kedua). Data dalam penelitian ini dikaji menggunakan teori psikologi sastra yang dikaitkan denngan psikologi umum. Hasil penelitian diuraikan sebagai berikut. (1) terdapat 8 bentuk quarter life crisis pada novel Game Over karya Valerie Patkar yang dialami oleh tokoh Glendy dan Jeara antara lain, bentuk merendahkan diri sendiri, kebingungan dalam menentukan tujuan hidup, sulit mengambil keputusan, tidak percaya diri, perasaan cemas, membandingkan diri sendiri, merasa tersesat, dan menyalahkan diri sendiri. (2) faktor internal yakni kemempuan intelektual dan moralitas menjadi penyebab quarter life crisis yang dialami tokoh Glendy pada novel Game Over karya Valerie Patkar serta faktor eksternal yang berupa tekanan dari orang tua, tekanan dari lingkungan sosial dan ketidakstabilan hubungan juga mendadi penyebab bentuk faktor penyebab quarter life crisis pada novel Game Over karya Valerie Patkar. (3) nilai pendidikan pada novel Game Over karya Valerie Patkar mencakup nilai pendidikan moral dan nilai pendidikan sosial.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Indonesian Language Education Study Program
Depositing User: Diyah Ayu Nuraeni
Date Deposited: 21 Nov 2024 01:53
Last Modified: 21 Nov 2024 01:53
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/17837

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year