Pemanfaatan Koleksi Referensi oleh Pemustaka Di Perpustakaan SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya

Pratama, Andika Nalendra Azhim (2024) Pemanfaatan Koleksi Referensi oleh Pemustaka Di Perpustakaan SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma University.

[img] Text
abstrak fix.pdf

Download (967kB)
[img] Text
BAB I FIX.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB II FIX.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB III FIX.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV FIX.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf

Download (137kB)
[img] Text
LAMPIRAN FIX.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Andika Halaman TURNITIN persen.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Skripsi Andika TURNITIN.pdf

Download (19MB)
[img] Text
Artikel Jurnal Tibandaru Pemanfaatan Koleksi Referensi Oleh Pemustaka Di Perpustakaan SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya.pdf

Download (140kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Perpustakaan sebagai sebuah tempat untuk pengembangan daya nalar dan sebagai pusat informasi di sebuah sekolah, sangat penting peranannya dalam pengembangan pendidikan. Namun tentu saja harus ditunjang dengan segala macam sarana dan prasarana agar maksimal fungsi perpustakaan tersebut. Salah satu sarana terpenting dalam perpustakaan adalah koleksi referensi. Dimana koleksi ini merupakan koleksi khusus, koleksi yang menjadi rujukan, bahan acuan dalam suatu pendidikan atau pengembangan ilmu pengetahuan, menambah wawasan dan pengetahuan pemustaka. Bagi pemustaka yang bertindak sebagai tenaga pendidik, koleksi referensi ini menjadi bahan ajar untuk peserta didik. Sedangkan bagi pemustaka yang bertindak sebagai peserta didik, koleksi referensi ini berguna untuk mencari jawaban atas tugas-tugas yang diberikan oleh pendidik, serta menambah pengetahuan bagi mereka. Dengan kelengkapan koleksi yang dimiliki oleh sebuah perpustakaan terutama koleksi referensi , diharapkan perpustakaan sekolah menjadi berarti, bermanfaat dan berdaya guna dan sampai pada tujuan bahwa perpustakaan sekolah ada untuk tempat mencari berbagai macam informasi untuk melengkapi, memperjelas, mengingatkan kembali dan memperkaya ilmu pengetahuan dan wawasan,serta meningkatkan kualitas pendidikan dan kualitas belajar mengajar pada peserta didik. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui bagaimana pemanfaatan koleksi referensi oleh para pemustaka di SMA Kemala Bhayangkari I Surabaya. Apakah para pemustaka sudah menggunakan koleksi referensi yang ada di perpustakaan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, meningkatkan pengetahuan keilmuannya. Atau adakah kendala yang mengakibatkan para pemustaka tidak memanfaatkan koleksi referensi yang dimiliki oleh Perpustakaan SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya.Serta harapan yang diinginkan oleh para pemustaka agar terpenuhi kebutuhan keilmuannya yang bisa didapat dari perpustakaan sekolah untuk perbaikan kedepannya. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan melalui teknik wawancara, observasi, pengumpulan data dan dokumentasi berupa rekaman suara,rekaman gambar, photo, atau dokumen lain kepada para informan. Fokus penelitan ini adalah bagaimana pemanfaatan koleksi referensi oleh pemustaka yang ada di perpustakaan SMA Kemala Bhayangkari I Surabaya. Hasil penelitian mencakup point – point penting yang terdiri dari kendala yang dirasakan oleh para pemustaka secara umum. Bagaimana cara para pemustaka memanfaatkan koleksi referensi sebagai ajang untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan keilmuan maupun meningkatkan mutu belajar mengajar kepada para peserta didik. Pemustaka yang bertindak sebagai tenaga pendidik memanfaatkan koleksi referensi sebagai alat untuk menunjang kegiatan belajar mengajar seperti untuk membuat soal – soal tugas, menjadi materi yang akan diberikan penjelasannya kepada para peserta didik maupun memberikan arahan, sedangkan pemustaka yang bertindak sebagai peserta didik akan memanfaatkan koleksi referensi sebagai sumber informasi jawaban tugas yang telah diberikan oleh tenaga pendidik. Pemustaka yang bertindak sebaga peserta didik semua adalah anggota perpustakaan sekolah. Kendala yang di hadapi oleh para pemustaka di sekolah tersebut adalah kurangnya judul koleksi referensi yang bervariasi, kurang updatenya tahun penerbitan terbaru, kurangnya jumlah eksemplar per judul koleksi referensi dan kurang terpelihara dengan baik koleksi referensi yang sudah dimiliki oleh perpustakaan. Serta jumlah eksemplar yang kurang mencukupi antara jumlah koleksi dengan jumlah pemustaka yang membutuhkan koleksi referensi tersebut.Kemudian, letak dari perpustakaan tersebut yang kurang strategis, dimana letak dari perpustakaan berada di lantai 4 atau berada di posisi paling atas dari gedung sekolah, sehingga pemustaka agak enggan untuk mengunjungi perpustakaan. Yang cukup menggembirakan adalah adanya pustakawan yang cukup terampil dalam melayani pemustaka, dengan latar belakang pendidikan yang sesuai, sangat membantu pemustaka dalam mencari kebutuhan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Library and Information Science Study Program
Depositing User: Andika Nalendra Azhim Pratama
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:44
Last Modified: 29 Feb 2024 03:44
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/17475

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year