Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Energi dan Penggunaannya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered-Head Together) Siswa Kelas IV di MI Miftahul Huda Gempol Kurung Menganti, Gresik

Asthity, Nia (2018) Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Energi dan Penggunaannya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered-Head Together) Siswa Kelas IV di MI Miftahul Huda Gempol Kurung Menganti, Gresik. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Asthity, Nia. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Energi dan Penggunaannya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered-Head Together) Siswa Kelas IV di MI Miftahul Huda Gempol Kurung, Gresik. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Bahasa dan Sains. Pembimbing : (I) Dra. Bekti Wirawati,M.Pd dan (II) Dra. Endang Nuryasana,M.Pd Kata Kunci: Hasil Belajar IPA Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered-Hhead Together) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi Energi dan Penggunaannya melalui model pembelajaran kooperatif siswa kelas IV di MI Miftahul Huda Gempol Kurung, Gresik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV di MI Miftahul Huda Gempol Kurung, Gresik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT daapat meningkatkan hasil belajar IPA materi energi dan penggunaannya siswa kelas IV di MI Miftahul Huda Gempol Kurung, Gresik. Hal ini di buktikan peningkatan persentase siswa yang mencapai KKM dari nilai awal 50% menjadi 88%, peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II mencapai 38 %.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA Model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Nia Asthity
Date Deposited: 06 Sep 2018 06:17
Last Modified: 06 Sep 2018 06:17
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/1735

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year