Strategi Pemasaran Kecambah Kacang Hijau (Vigna radiata) Di Desa Hulaan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik

Putri, Meyrisca Herdiana (2024) Strategi Pemasaran Kecambah Kacang Hijau (Vigna radiata) Di Desa Hulaan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Bachelor (S1) thesis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
PLAGIASI MEYRISCA %.pdf

Download (33kB)
[img] Text
PLAGIASI MEYRISCA FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal Meyrisca Herdiana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian berjudul Strategi Pemasaran Kecambah Kacang Hijau di Desa Hulaan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik bertujuan untuk 1. Menganalisis faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) pemasaran kecambah kacang hijau. 2. Menganalisis strategi pemasaran kecambah kacang hijau yang dilaksanakan di Desa Hulaan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik yang ditentukan secara purposif dengan pertimbangan bahwa desa tersebut merupakan sentra produski kecambah terbanyak di Kecamatan Menganti. Responden dalam penelitian ini adalah pengusaha kecambah sebanyak 5 orang, kepala desa, dan konsumen yang ditentukan secara sengaja. Untuk membuktikan tujuan penelitian maka data primer dan sekunder yang dianalisa dengan Analisis SWOT dan diolah dengan menggunakan aplikasi microsoft Excel. Dari penelitian ini dapat disimpulkan hasil analisis faktor internal kecambah kacang hijau menunjukkan 11 kekuatan, yaitu lama pengalaman berusaha, produk unggulan Desa Hulaan, dan dukungan pemerintah. Namun, ada juga 5 kelemahan, termasuk penguasaan teknologi pemasaran yang rendah dan ketergantungan pada suplai kacang hijau dari luar. Faktor eksternal melibatkan 6 peluang, seperti meningkatnya permintaan dan lokasi strategis, serta 4 ancaman, seperti kemarau panjang dan persaingan produk makanan modern. Hasil analisis SWOT menunjukkan strategi pemasaran kecambah kacang hijau di Desa Hulaan menggunakan strategi S-O. Dengan memanfaatkan produk unggulan dan dukungan pemerintah, pemasaran berada di kuadran 1 (1,33 ; 0,74), menandakan posisi kuat dan berpotensi dikembangkan. Dengan strategi pemasaran yang agresif, pengusaha kecambah dapat memanfaatkan keunggulan mereka untuk meningkatkan kecambah kacang hijau ini lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Agribisnis, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Agribusiness Study Program
Depositing User: Meyrisca Herdiana Putri wisnu
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:55
Last Modified: 21 Feb 2024 01:55
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/17307

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year