Lukmanto, Randi (2024) IMPLEMENTASI PENERAPAN BALANCED SCORECARD PADA PT. MB. Masters (S2) thesis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.
Text
Abstrak.pdf Download (286kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text
Lampiran 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) | Request a copy |
|
Text
Plagiasi Dipisahkan.pdf Download (49kB) |
|
Text
Plagiasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
|
Text
Jurnal.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) | Request a copy |
Abstract
Kinerja perusahaan dewasa ini membutuhkan sebuah pengukuran yang tidak hanya mengukur kinerja masa lampau, namun juga membutuhkan pengukuran kinerja yang mampu untuk membangun kapabilitas kompetitif perusahaan di masa mendatang yaitu menggunakan balanced scorecard. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja PT. MB menggunakan pendekatan balanced scorecard. Data primer diperoleh dari kuesioner dengan menggunakan metode nonprobability sampling purposive sampling. Data diperoleh dari pelanggan dan karyawan PT. MB. Data sekunder diperoleh dari laporan keuangan PT. MB periode tahun 2020 sampai 2022. Populasinya adalah seluruh pelanggan dan karyawan PT. MB. Sampel yang digunakan adalah 94 sampel untuk pelanggan dan 72 sampel untuk karyawan. Metode analisis data menggunakan teknik uji statistik deskriptif. Untuk menentukan skor tingkat kepuasan pelanggan dan karyawan menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian balanced scorecard pada perspektif keuangan memiliki rata-rata kinerja dari tahun 2020 sampai tahun 2022 untuk ROA memiliki rata-rata 3,18%, ROE 3%, dan NPM 2,30%. Pada perspektif pelanggan diukur melalui kuesioner dengan rata-rata tingkat kepuasan pelanggan 3,559. Biaya akuisisi pelanggan memiliki rata-rata 3,35. Profitabilitas konsumen memiliki nilai rata-rata 3,10%. Pada prepsektif proses bisnis internal rasio AETR memiliki rata-rata 11,55%. Siklus waktu ketersediaan barang memiliki actual time 8,09. Pembatalan pesanan penjualan 0,8%. Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran melihat tingkat produktivitas karyawan rata-rata 0,39%. Pelatihan karyawan memiliki rata-rata 66,67%. Serta tingkat kepuasan karyawan menunjukan rata-rata 3,108. Kesimpulan hasil penelitian tersebut menghasilkan skor pada tahun 2020 adalah -13,43, dan pada tahun 2021 adalah 59,8 dan pada tahun 2022 adalah -24,6. Hal ini mengindikasikan bahwa penilaian kinerja menggunakan balanced scorecard belum memiliki kinerja yang bagus secara keseluruhan dari tahun ke tahun. Kriteria penilaian kinerja yang sehat adalah bila memiliki skor diatas 66,66. Kata Kunci: Balanced Scorecard, Penilaian Kinerja Organisasi.
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Economic and Business > Master In Accounting Study Program |
Depositing User: | Randi Lukmanto |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 10:50 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 10:50 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/17258 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year