Hubungan Kebisingan dengan Gangguan Pendengaran Pada Karyawan Home Industri Pande Besi di Dusun Sumbersari Ngronggot Kabupaten Nganjuk.

Putra, Mochamad Dicky Yolanda (2023) Hubungan Kebisingan dengan Gangguan Pendengaran Pada Karyawan Home Industri Pande Besi di Dusun Sumbersari Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
abstrak (2).pdf

Download (603kB)
[img] Text
Plagiasi persen.pdf

Download (194kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Produksi home industri pande besi menimbulkan bunyi atau suara yang sangat tinggi, tanpa disadar dapat mengakibatkan gangguan pada fisik pekerjaan terutama pada alat pendengaran manusia, yaitu organ telinga. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kebisingan dengan gangguan pendengaran pada karyawan home industri pande besi. Metode Penelitian: metode desain penelitian analitik korelasional dengan rancangan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan : jenuh sampling didapatkan sampel 5 responden, instrumen penelitian menggunakan observasi, uji statistik spearman rho dengan tingkat kemaknaan ≤ 0,05. Hasil: kebisingan alat produksi home industri pande besi kategori normal (NAB) dan lebih (>NAB) (40%), dan kurang (<NAB) (20%). Pada gangguan pendengaran kategori tuli ringan (26-40 dB) (60%), dan sedang (40%). Dari hasil uji statistik spearman rho didapatkan nilai (r) sebesar 0,913, dan nilai p= 0,030< (α = 0,05). Simpulan: ada hubungan kebisingan dengan gangguan pendengaran pada karyawan home industri pande besi, diharapkan pemilik home industri pande besi usaha berupaya pencegahan paparan kebisingan pada karyawan dengan cara menggunakan alat pelindung telinga saat proses produksi. Kata Kunci : kebisingan, dan gangguan pendengaran

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: kebisingan, dan gangguan pendengaran
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Dicky Mochamad Yolanda
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:33
Last Modified: 12 Oct 2023 04:33
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/16082

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year