EFEK SARI DAUN PANDAN WANGI (Pandanus amaryllifolius Robx) TERHADAP TOTAL BAKTERI DAN DERAJAT KEASAMAN (pH) PADA SUSU SAPI PERAH FRIESIAN HOLSTEIN (FH)

Rade, Julianty Eunike (2023) EFEK SARI DAUN PANDAN WANGI (Pandanus amaryllifolius Robx) TERHADAP TOTAL BAKTERI DAN DERAJAT KEASAMAN (pH) PADA SUSU SAPI PERAH FRIESIAN HOLSTEIN (FH). Bachelor (S1) thesis, wijaya kusuma surabaya university.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (500kB)
[img] Text
Plagiasi 10.pdf

Download (22kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, terhadap total bakteri (TPC) dan derajat keasaman (pH) pada susu sapi perah yang diberi penambahan sari daun pandan wangi (Pandanus amaryllifolius Robx) dengan 4 perlakuan (P0 kontrol, P1 30%, P2 40% dan P3 50%, ) dan 6 kali pengulangan. Perhitungan. total bakteri (TPC) dilakukan dengan metode streat dan derajat keasaman (pH) menggunakan pH meter obligat, dan di analisis menggunakan ANOVA. Hasil analisis menunjukkan total bakteri (TPC) tidak ada pegaruh yang berbeda nyata karena nilai P > 0,05, dan keasaman (pH) menunjukkan pegaruh yang berbeda nyata dengan nilai P < 0,01. Simpulan yang dapat disampaikan bahwa perlakuan penambahan sari daun pandan wangi tidak berpegaruh terhadap total bakteri (TPC) dan berpegaruh terhadap derajat keasaman (pH). Kata Kunci : susu sapi perah, Daun Pandan Wangi, Total Bakteri (TPC), Derajat Keasaman (pH).

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: : Susu Sapi Perah FH, Daun Pandan Wangi, Total Bakteri (TPC), Derajat Keasaman (pH
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine > Animal Health and Veteriner Public Health Study Program
Depositing User: 82 Julianty Eunike Rade
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:37
Last Modified: 12 Oct 2023 08:37
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/16078

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year