EFEKTIVITAS BUNGA KECOMBRANG (Etlingera elatior) SEBAGAI PENGAWET DAGING AYAM DITINJAU DARI TOTAL BAKTERI DAN CEMARAN Salmonella sp.

Arexandra, Dela Xarsa (2023) EFEKTIVITAS BUNGA KECOMBRANG (Etlingera elatior) SEBAGAI PENGAWET DAGING AYAM DITINJAU DARI TOTAL BAKTERI DAN CEMARAN Salmonella sp. Bachelor (S1) thesis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HASIL PLAGIASI.pdf

Download (28kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan simplisia bunga kecombrang (Etlingera elatior) sebagai pengawet daging ayam ditinjau dari jumlah total bakteri dan cemaran Salmonella sp. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan lima pengulangan. Perlakuan P0 sampel daging ayam tidak diberi simplisia bunga kecombrang dan tanpa proses penyimpanan, P1 sampel daging ayam diberi simplisia bunga kecombrang dan disimpan selama 1 jam, P2 sampel daging ayam diberi simplisia bunga kecombrang dan disimpan selam 2 jam, P3 sampel daging ayam diberi simplisia bunga kecombrang dan disimpan selama 3 jam, dan P4 sampel daging ayam diberi simplisia bunga kecombrang dan disimpan selama 4 jam. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan yang sangat nyata pada setiap perlakuan terhadap jumlah bakteri pada daging ayam dan hasil uji Salmonella sp. tidak ditemukan adanya cemaran Salmonella sp. pada sampel daging ayam disetiap perlakuan. Kata Kunci : Daging ayam, Salmonella sp., TPC, dan bunga kecombrang

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Daging ayam, Salmonella sp., TPC, dan bunga kecombrang
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine > Vetenary Education Study Program
Depositing User: Dela Xarsa Arexandra
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:09
Last Modified: 11 Oct 2023 03:09
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/16026

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year