Prevalensi Infeksi Larva Cacing Anisakis sp Pada Ikan Tongkol (Euthynnus affinis) Di Tpi Brondong Kabupaten Lamongan,Jawa Timur

Putri Inayah, Nurul (2023) Prevalensi Infeksi Larva Cacing Anisakis sp Pada Ikan Tongkol (Euthynnus affinis) Di Tpi Brondong Kabupaten Lamongan,Jawa Timur. Bachelor (S1) thesis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI SERTIFIKAT.pdf

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di TPI Brondong Lamongan, Jawa Timur Indonesia. untuk mengetahui seberapa sering ikan tongkol (Euthynnus affinis) terinfeksi larva Anisakis sp. Sebanyak 60 ekor dijadikan sampel untuk diperiksa di Laboratorium Parasitologi Universitas Wijaya Ksusuma Surabaya dari hasil tangkapan nelayan di TPI Brondong Lamongan. Nekropsi digunakan untuk pemeriksan spesimen dengan cara disayat pada bagian ventral ikan menuju ke anterior. Organ yang diperiksa adalah insang, hepar, otot, lambung, usus dan body cavity. Organ-organ tersebut ditempatkan ke dalam cawan petri yang berisi larutan fisiologis NaCl dan diidentifikasi menggunakan mikroskop cahaya dengan pembesaran 100x dan 400x. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ikan tongkol (Euthynnus affinis) telah terinfeksi larva stadium 3 (L3) Anisakis simplex dengan tingkat prevalensi sebesar 6,67% yang termasuk dalam kategori Occasionally (1-9%) yang menggambarkan infeksi parasite tersebut adalah kadang-kadang.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Anisakis sp., Ikan tongkol (Euthynnus affinis), Prevalensi.
Subjects: L Education > L Education (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine > Vetenary Education Study Program
Depositing User: Nurul Inayah Putri
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:36
Last Modified: 11 Oct 2023 04:36
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15876

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year