PENGARUH ETNOSENTRISME KONSUMEN, KREDIBILITAS ENDORSER, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU SPECS (STUDI KASUS TERHADAP MAHASISWA UNIVERSITAS WIJAYA KUSUMA SURABAYA)

Hajji, Moh. Syaikhur Ridlo Yaumil (2023) PENGARUH ETNOSENTRISME KONSUMEN, KREDIBILITAS ENDORSER, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU SPECS (STUDI KASUS TERHADAP MAHASISWA UNIVERSITAS WIJAYA KUSUMA SURABAYA). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Plagias 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan apakah etnosentrisme konsumen, kredibilitas endorser, dan citra merek memiliki pengaruh yang nyata terhadap keputusan konsumen untuk membeli Sepatu Specs. Penelitian ini menggunakan strategi penelitian kuantitatif yang berfokus pada pengujian hubungan antar parameter yang berbeda. Mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya menjadi fokus kajian. Purposive sampling merupakan teknik yang digunakan untuk memilih sampel yang dipusatkan pada mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma yang pernah melihat iklan yang dibintangi oleh Bambang Pamungkas sebagai brand Ambassador sneakers Specs. Sampelnya berjumlah 150 orang yang menanggapi survei online yang disebarluaskan melalui saluran media sosial. Analisis regresi linier berganda digunakan sebagai teknik analisis data setelah data yang dikumpulkan diolah menggunakan IBM SPSS Statistics versi 25. Hasil metode uji t yang digunakan untuk pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Hipotesis pertama—mengusulkan adanya hubungan antara etnosentrisme konsumen dan kepuasan dengan pembelian sepatu Specs—telah didukung dan oleh karena itu dapat diterima. Telah dibuktikan bahwa terdapat hubungan yang cukup besar antara kredibilitas dan kesenangan endorser dengan pembelian sepatu kets Specs, mendukung hipotesis kedua, yang sekarang dapat diterima. Hipotesis ketiga, yang menyatakan bahwa citra merek dan pilihan untuk membeli sepatu Specs saling berkaitan, telah diverifikasi memiliki dampak yang signifikan. Kata Kunci : Etnosentrisme Konsumen, Kredibilitas Endorser, Citra Merek, dan Keputusan Pembelian ABSTRACT The purpose of this research is to ascertain whether consumer ethnocentrism, endorser credibility, and brand image have a real influence on consumers' decision to buy Specs Shoes. This study uses a quantitative research strategy that focuses on examining the relationship between different parameters. Wijaya Kusuma University students in Surabaya became the focus of the study. Purposive sampling is a technique used to select samples that is centered on Wijaya Kusuma University students who have seen advertisements starring Bambang Pamungkas as the brand ambassador for sneakers Specs. The sample was 150 people who responded to an online survey disseminated via social media channels. Multiple linear regression analysis was used as a data analysis technique after the data collected was processed using IBM SPSS Statistics version 25. The results of the t-test method used for hypothesis testing showed that the first hypothesis—proposing a relationship between consumer ethnocentrism and satisfaction with purchasing Specs shoes—has been supported and therefore acceptable. It has been shown that there is a significant relationship between endorser credibility and enjoyment and purchase of Specs sneakers, supporting the second hypothesis, which is now accepted. The third hypothesis, which states that brand image and the choice to buy Specs shoes are related, has been verified to have a significant impact Keywords: Consumer Ethnocentrism, Endorser Credibility, Brand Image, and Purchase Decision

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Etnosentrisme Konsumen, Kredibilitas Endorser, Citra Merek, dan Keputusan Pembelian Keywords: Consumer Ethnocentrism, Endorser Credibility, Brand Image, and Purchase Decision
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic and Business > Management Study Program
Depositing User: Moh Syaikhur Ridlo Yaumil Hajji
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:52
Last Modified: 10 Oct 2023 02:52
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15773

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year