Perbedaan metode pembelajaran online dan offline terhadap tingkat pengetahuan mengenai sindrom down mahasiswa angkatan 2019 dan 2020 fakultas kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Dewani, Ni Ketut Puja Laksemi (2023) Perbedaan metode pembelajaran online dan offline terhadap tingkat pengetahuan mengenai sindrom down mahasiswa angkatan 2019 dan 2020 fakultas kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (410kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1.pdf

Download (13kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Metode pembelajaran merupakan sebuah acuan/pedoman yang digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar dalam menyampaikan informasi yang akan diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor metode pembelajaran online dan offline berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa angkatan 2019 dan 2020 fakultas kedokteran di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya terhadap topik sindrom Down. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional yang akan dianalisis secara analitik. Analisis datanya adalah uji koefisien kontingensi chi-square. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner yang berisikan 20 pertanyaan. Populasi penelitian sebanyak 171 orang terdiri dari 89 mahasiswa angkatan 2019 dengan metode pembelajaran offline dan 82 mahasiswa Angkatan 2020 dengan metode pembelajaran online Variabel terdiri atas metode pembelajaran sebagai variabel bebas, dan tingkat pengetahuan sindrom Down mahasiswa sebagai variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran terhadap tingkat pengetahuan sindrom Down mahasiswa di FK UWKS (Sig. 0,00 < 0,05). Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran online dan offline masing-masing berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan sindrom Down mahasiswa FK UWKS. Untuk meningkatkan pemahaman teoritis para mahasiswa terhadap mata kuliah genetika sindrom Down, diperlukan pola pengajaran dengan cara mengkombinasikan strategi atau pendekatan sistem belajar online dan offline. Kata Kunci: metode pembelajaran, tingkat pengetahuan sindrom Down

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, tingkat pengetahuan sindrom Down
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Ni Ketut Puja Laksemi Dewani
Date Deposited: 09 Aug 2023 04:56
Last Modified: 09 Aug 2023 04:56
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15132

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year