Studi Literatur : Hubungan Faktor Indeks Massa Tubuh, Aktivitas Fisik, Dan Kualitas Tidur Terhadap Kejadian Hipertensi Pada Remaja

Pradana, M. Raffli Naresca (2023) Studi Literatur : Hubungan Faktor Indeks Massa Tubuh, Aktivitas Fisik, Dan Kualitas Tidur Terhadap Kejadian Hipertensi Pada Remaja. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
1.Abstrak.pdf

Download (666kB)
[img] Text
8.Laporan Cek Plagiasi 1.pdf

Download (28kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang penderitanya paling banyak di Indonesia. Hipertensi di Indonesia bukan hanya menyerang orang dengan usia tua, akan tetapi juga pada usia remaja. Studi ini dilakukan untuk memaparkan tinjauan literatur tentang hubungan faktor indeks massa tubuh, aktivitas fisik, dan kualitas tidur terhadap kejadian hipertensi pada remaja. Metode penulisan menggunakan studi literatur dengan systematic review. Jurnal penelitian didapatkan melalui penelusuran internet pada situs google scholar dan science direct yang dipublikasi pada tahun 2017-2023 dengan kata kunci hipertensi, remaja, indeks massa tubuh, aktifitas fisik, dan kualitas tidur. Jumlah jurnal yang dianalisis sebanyak 37 jurnal. Hasil penelitian adalah terdapat 22 jurnal yang menemukan adanya hubungan yang signifikan antara IMT tinggi (IMT ≥23), obesitas, dan kelebihan berat badan dengan kejadian hipertensi pada remaja (p <0,05), dan terdapat 22 jurnal yang menemukan adanya risiko antara IMT tinggi (IMT ≥23), obesitas, dan kelebihan berat badan dengan kejadian hipertensi pada remaja yaitu 1,69-26,062. Terdapat 7 jurnal yang menemukan adanya hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik yang kurang dengan kejadian hipertensi pada remaja (p <0,05), dan terdapat 5 jurnal yang menemukan adanya tingkat risiko antara aktivitas fisik yang kurang dengan kejadian hipertensi pada remaja yaitu 3,060-6,14. Terdapat 7 jurnal yang menemukan adanya hubungan yang signifikan antara kualitas tidur yang buruk dengan kejadian hipertensi pada remaja (p <0,05), dan terdapat 2 jurnal yang menemukan tidak ada hubungan antara kualitas tidur yang buruk dengan kejadian hipertensi pada remaja (p >0,05), serta terdapat 5 jurnal yang menemukan adanya tingkat risiko antara kualitas tidur yang buruk dengan kejadian hipertensi pada remaja yaitu 1,67-5,443. Disarankan setelah dilakukan studi literatur ini, remaja mendapatkan pengetahuan mengenai hipertensi dan dapat mencegah dari kejadian hipertensi.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, Remaja, Indeks Massa Tubuh, Aktifitas Fisik, Kualitas Tidur
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: M Raffli Naresca Pradana
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:31
Last Modified: 10 Aug 2023 02:31
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15010

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year