PENGARUH EKSTRAK ASHITABA TERHADAP KADAR SERUM GLUTAMIC PYRUVIC TRANSAMINASE (SGPT) PADA TIKUS WISTAR YANG DIBERIKAN DIET TINGGI LEMAK

Husniyyah, Elviana ainiyyatul (2023) PENGARUH EKSTRAK ASHITABA TERHADAP KADAR SERUM GLUTAMIC PYRUVIC TRANSAMINASE (SGPT) PADA TIKUS WISTAR YANG DIBERIKAN DIET TINGGI LEMAK. Bachelor (S1) thesis, WIJAYA KUSUMA SURABAYA UNIVERSITY.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (617kB)
[img] Text
CEK KEASLIAN TULISAN(PLAGIASI PROSENTASE).pdf

Download (238kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Husniyyah, Elviana Ainiyyatul. 2023. Pengaruh Ekstrak Ashitaba terhadap Kadar Serum Glutamic Pyruvic Transaminase (SGPT) pada Tikus Wistar yang Diberikan Diet Tinggi Lemak. Skripsi, Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing: Indah Widyaningsih; Akmarawinata Kadir Diet tinggi lemak menyebabkan perlemakan hati ditandai dengan peningkatan kadar SGPT. Perlemakan hati dapat ditangani salah satunya dengan antiobesitas alami yaitu ekstrak ashitaba. Kandungan chalcone ashitaba dapat menaikkan ekspresi dan pengeluaran adiponektin, menaikkan fungsi adiposa, serta mengurangi simpanan lipid. Dalam uji coba ini diimplementasikan pada tikus wistar karena mempunyai minim hormon, gen menyerupai manusia, mudah berkembangbiak dan dirawat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ekstrak ashitaba terhadap kadar SGPT tikus wistar yang diberikan diet tinggi lemak. Populasi dalam penelitian ini adalah tikus wistar jantan berusia 2-3 bulan dengan berat badan 100-200gram sebanyak 30 ekor. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan signifikan antar kelompok yang dibuktikan dengan nilai sig 0,043 (sig α < 0,05). Hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pemberian ekstrak ashitaba 150mg/kg BB, 300mg/kg BB, dan 600mg/kg BB berpengaruh terhadap penurunan kadar SGPT tikus wistar yang diberikan diet tinggi lemak. Pada penelitian selanjutnya disarankan membuat variasi dan penurunan dosis ekstrak ashitaba serta pengembangan penelitian lanjutan dengan indikator yang berbeda seperti histopatologi hati tikus untuk mengetahui efek lain dari senyawa aktif ashitaba. Kata Kunci: Ekstrak Ashitaba, Diet Tinggi Lemak, SGPT.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Ekstrak Ashitaba, Diet Tinggi Lemak, SGPT.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QH Natural history
Q Science > QK Botany
Q Science > QL Zoology
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Elviana Ainiyyatul Husniyyah
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:56
Last Modified: 05 Jul 2023 02:56
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/14766

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year