Mengembangkan karakter entrepreneurship pada remaja melalui pelatihan hidroponik (Studi kasus di SMP Barunawati Surabaya)

Sizanti, Dewi (2022) Mengembangkan karakter entrepreneurship pada remaja melalui pelatihan hidroponik (Studi kasus di SMP Barunawati Surabaya). Masters (S2) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK-signed.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Plagiasi Tesis Dewi 22 _removed.pdf

Download (12kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Karakter merupakan sesuatu yang ada pada tiap diri individu yang dibentuk dalam lingkungan keluarga sejak kecil. Namun, karakter juga ada pada tiap diri individu sejak lahir. Karakter dapat dibentuk melalui pendidikan pelatihan hidroponik di sekolah. Karakter entreprenuership yang dikembangkan pada siswa antara lain : (X1) percaya diri, (X2) Optimis, (X3) Kinerja / berorientasi pada tugas dan hasil, (X4) Berani mengambil resiko, (X5) Kreatifitas dan inovasi, (X6) Kepemimpinan / leadership. Dengan karakter entrprenuership yang tertanam pada diri siswa manjadikan Sumber Daya Manusia unggul dimasa depan terutama dibidang agribisnis. Karakter entreprenuership siswa akan berkembang apabila diberikan pelatihan hidroponik secara berkelanjutan terutama dalam mengelola hasil pangan. Pengumpulan data melalui kuisioner dengan subjek penelitian siswa/i SMP Barunawati Surabaya dengan sampel 55 siswa dari populasi siswa kelas IX yag berjumlah 126. Penelitian ini dilakukan pada 1 Nopember 2022 sampai 24 Desember 2022. Analisis pengelolahan data menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan pengolahan data memanfaatkan sofware IBM SPSS statistik versi 2.1. Langka analisa yaitu Uji Validitas & Reliabilitas, Uji Asumsi klasik, Uji Normalitas, Uji Statistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa beberapa variabel independen (X1, X2, X3, X4) yang diduga memiliki dipengaruhi dan oleh efektifitas pelatihan ternyata setelah dianalisa tidak memiliki pengaruh langsung terhadap karakter entreprenuership atau dikatakan mempunyai pengaruh sangat kecil. Untuk (X5, X6) mempunyai pengaruh langsung terhadap karakter entreprenuership.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Uncontrolled Keywords: Karakter, Entreprenuership, Analisis Regresi Linier Berganda, Pelatihan Hidroponik
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Master in Agribusiness Study Program
Depositing User: Fakultas Pertanian UWKS
Date Deposited: 16 May 2023 06:24
Last Modified: 16 May 2023 06:24
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/14736

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year