Prevalensi Brucllosis pada sapi perah peranakan friesian holstein (PFH) di Desa Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat

Sidik, Erlidra Fudzman (2023) Prevalensi Brucllosis pada sapi perah peranakan friesian holstein (PFH) di Desa Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Hasil Uji Plagiasi_ERLIDRA FUDZMAN SIDIK.pdf

Download (63kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Prevalensi Brucllosis pada sapi perah peranakan friesian holstein (PFH) di Desa Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Populasi terbanyak berasal dari kecamatan Lembang sejumlah 22.748 termasuk dari desa Cibodas. Kecamatan Lembang pada tahun 2016 terdampak penyakit Brucllosis sehingga memerlukan monitoring untuk memastikan kesehatan ternak terbebas dari penyakit Brucllosis agar tidak menular pada manusia. Penelitian ini menggunakan dua model uji serologi pada 70 sampel sapi PFH. Pertama Rose Bengal Test (RBT) untuk menentukan aglutinasi sampel positif (+)Brucllosis. Kedua Complement Fixation Test (CFT) sebagai konfirmasi hasil RBT positif (+). Sampel serum diberi penomoran untuk memudahkan uji dan penginterpretasian. Uji RBT dan CFT Laboraturium Balai Veteriner Kabupaten Subang. Analisis menyimpulkan Brucllosis (-) pada 70 sampel walaupun 1 sampel memiliki riwayat abortus. CFT tidak dilakukan karena berdasarkan pedoman hasil uji RBT (-) memprediksi CFT (-). Hasil uji RBT (-) terdukung oleh kondisi kebersihan dan kelembaban kandang yang rendah, pakan yang baik, air minum bebas tidak tercemar dan terkontrolnya ternak oleh Balai Veteriner Kabupaten Bandung Barat. Hasil uji RBT9-) dan orientasi peternakan yang baik mendukung kesimpulan bebas Brucllosis pada ternak sapi PFH di desa Cibobas.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine > Animal Health and Veteriner Public Health Study Program
Depositing User: ERLIDRA FUDZMAN SIDIK
Date Deposited: 15 May 2023 05:36
Last Modified: 15 May 2023 05:36
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/14732

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year