Analisis kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan metode polya pada materi relasi dan fungsi siswa kelas VIII-A SMP TA’MIRIYAH SURABAYA".

Rahma, Ayu Aulia (2023) Analisis kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan metode polya pada materi relasi dan fungsi siswa kelas VIII-A SMP TA’MIRIYAH SURABAYA". Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (432kB)
[img] Text
persentase cek plagiasi Ayu.pdf

Download (13kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran. Kurangnya kemampuan pemecahan masalah menyebakan siswa kesulitan dalam memecahkan persoalan matematika, terutama pada soal cerita. Kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk soal cerita berkaitan dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari, sehingga perlu lebih di perhatikan . Oleh karena itu diperlukan metode yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Metode yang tepat yaitu menggunakan metode Polya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan metode Polya pada materi relasi dan fungsi siswa kelas VIII-A SMP Ta’miriyah Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat menyelesaikan soal cerita dengan langkah metode Poya dengan sangat baik yang meliputi memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali jawaban. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Metode Polya, Soal Cerita

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Metode Polya, Soal Cerita
Subjects: Q Science > QB Astronomy
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: S.Pd Ayu Aulia Rahma Ayu
Date Deposited: 10 May 2023 02:33
Last Modified: 10 May 2023 02:33
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/14543

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year