Pengaruh kemampuan berpikir divergen dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi program linier di kelas X SMK Semen Gresik

Kusuma, Muhammad Maulidin Fatich (2023) Pengaruh kemampuan berpikir divergen dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi program linier di kelas X SMK Semen Gresik. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (522kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1.pdf

Download (14kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Terdapat dua hal yang sangat berkaitan dalam proses pembelajaran, yaitu kemampuan berpikir divergen dan kemandirian belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan berpikir divergen dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar pada materi program linier di kelas X RPL SMK Semen Gresik. Berdasarkan latar belakang masalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu : apakah ada pengaruh kemampuan berpikir divergen dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar. Variabel bebas dalam peneletian ini adalah kemampuan berpikir divergen dan kemandirian belajar dan variabel terikat adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Semen Gresik dengan sampel sebanyak 30 siswa dikelas X RPL SMK Semen Gresik yang diambil dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir divergen dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar pada materi program linier di kelas X SMK Semen Gresik. Dibuktikan nilai F_hitung=105,346>F_tabel=3,35 dengan signifikansi 0,001.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Divergen, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QB Astronomy
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: S.Pd Muhammad Maulidin Fatich Kusuma Fatich
Date Deposited: 02 May 2023 04:35
Last Modified: 02 May 2023 04:35
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/14534

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year