Persepsi mahasiswa terhadap peran influencer online dalam peningkatan budaya literasi digital generasi Z (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)

Ravasio, Giacinta Wahyuni (2023) Persepsi mahasiswa terhadap peran influencer online dalam peningkatan budaya literasi digital generasi Z (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Hal. Abstrak _removed.pdf

Download (684kB)
[img] Text
Turnitin Presentaase .pdf

Download (56kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Indonesia telah masuk pada masa digitalisasi yang mana teknologi telah mempengaruhi semua bagian dalam kegiatan masyarakat sehari - hari. Teknologi komunikasi, berupa internet sudah menjadi gaya hidup (lifestyle) bagi masyarakat pada saat ini terutama generasi Z. Para Content creator atau influencer merupakan opinion marker bagi para pengikut mereka di media sosial. Karena sifatnya inilah maka bisa digunakan untuk mengedukasi para pengguna media sosial khususnya generasi Z dalam hal kemampuan literasi digital mereka. Penelitian yang dilakukan penulis bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap peran influencer online dalam peningkatan budaya literasi digital generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif , artinya data – data yang diperoleh disajikan dalam bentuk artikel. Pengambilan data dengan metode purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Besar sampel penelitian ini ditentukan dengan rumus slovin sehingga dalam penelitian ini peneliti mengambil 98 orang responden dari 5.624 orang mahasiswa. Kata Kunci: Influencer Online, Literasi Digita

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Influencer Online, Literasi Digital
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Library and Information Science Study Program
Depositing User: Giacinta Wahyuni Ravasio
Date Deposited: 30 May 2023 07:35
Last Modified: 30 May 2023 07:35
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/14515

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year