PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMBUATAN RESPIROMETER DAN SPIROMETER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN SAINS SISWA SMPN 46 SURABAYA

Wulu, Yustina Bela (2023) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMBUATAN RESPIROMETER DAN SPIROMETER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN SAINS SISWA SMPN 46 SURABAYA. Bachelor (S1) thesis, wijaya kusuma surabaya university.

[img] Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (0B)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (411kB)
[img] Text
4. BAB III .pdf

Download (488kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (502kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (282kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka .pdf

Download (305kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
10. LAPORAN PLAGIASI FULL.pdf

Download (13MB)
[img] Text
11. JURNAL.pdf

Download (358kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Wulu, Yustina Bela. 2023. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek Pembuatan Respirometer dan Spirometer Sederhana Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Sains Siswa SMPN 46 Surabaya. Pembimbing : (I) Dra. Marmi, M.Si, (II) Pramita Laksitarahmi Isrianto, S.Si.,M.Si Kualitas pendidikan yang bermutu yaitu pendidikan yang dapat mengoptimalkan semua komponen pendidikan sehingga semua proses interaksi antara siswa dan sumber belajar dapat berjalan sesuai dengan setting pembelajaran. Guru harus memiliki strategi pembelajaran yang dapat membantu siswa mengoptimalkan kegiatan belajarnya sehingga dapat dilakukan dengan baik, benar, tepat, dan berhasil optimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kreativitas dan keterampilan sains siswa SMPN 46 Surabaya dengan pengembangan pembelajaran berbasis proyek,yakni siswa melakukan ekperimen pembuatan alat respirometer dan spirometer sederhana. Model pengembangan yang dugunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu 1) analisis, 2) perancangan, 3) pengembangan, 4) implementasi, 5) evaluasi. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang selanjutnya dilakukan analisis secara deskriptif kualitatif untuk membahas permasalahan yang diusulkan. Hasil studi menunjukkan bahwa rancangan pengembangan pembelajaran yang telah didesain oleh peneliti memiliki hasil yang valid sehingga layak untuk diterapkan, Hasil pengembangan pembelajaran berbasis proyek pembuatan respirometer dan spirometer yang telah diterapkan dapat meningkatkan keterampilan dan kreativitas siswa. Kata Kunci: pembelajaran berbasis proyek, kreativitas, respirometer dan spirometer

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis proyek, kreativitas, respirometer dan spirometer
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Biology Education Study Program
Depositing User: Yustina Bela Wulu
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:37
Last Modified: 12 Feb 2024 03:37
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/14357

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year