ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN, UPAH MINIMUM KABUPATEN/KOTA (UMK), DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI 12 KABUPATEN/KOTA JAWA TIMUR TAHUN 2014-2020

Bernatha, natalia (2023) ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN, UPAH MINIMUM KABUPATEN/KOTA (UMK), DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI 12 KABUPATEN/KOTA JAWA TIMUR TAHUN 2014-2020. Bachelor (S1) thesis, wijaya kusuma surabaya university.

[img] Text
ABSTRAK (4).pdf

Download (560kB)
[img] Text
plagiasi persen (2).pdf

Download (12kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Kemiskinan merupakan persoalan mendasar dan menjadi perhatian serius dari pemerintah. Jumlah penduduk yang banyak dengan sebagian besar penduduknya memiliki tingkat pendidikan yang rendah akan memicu adanya kesenjangan sosial dan terjadi kemiskinan. Masalah kemiskinan bukan hanya merupakan masalah nasional, melainkan sudah menjadi masalah global. Salah satu negara yang memiliki persentase kemiskinan tinggi adalah Indonesia. Negara Indonesia merupakan negara berkembang yang sebagian besar penduduknya memiliki tingkat pendidikan rendah dan tentunya memiliki berbagai masalah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya secara merata. Kemiskinan terjadi di berbagai daerah yang tersebar di Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan yakni menganalisis hubungan terkait pada “Pendidikan, Upah Minimum Kabupaten/kota (UMK), dan Pertumbuhan Ekonomi terhadap Kemiskinan di 12 Kabupaten/kota Jawa Timur tahun 2014 - 2020”. Pengamatan ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi berupa tingkat kabupaten dan kota yang terdapat di Provinsi Jawa Timur dan teknik pengambilan sampel dilakukan secara dengan kriteria (purposive sampling) 12 kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Timur yang memiliki publikasi data secara lengkap. Berdasarkan kriteria tersebut, sampel pengamatan terdiri dari “Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Sidoarjo, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Malang, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Mojokerto, Kota Madiun, Kota Surabaya, dan Kota Batu”. Metode dalam penelitian ini menggunakan regresi data panel dengan alat analisis Random Effect Model. Hasil pengamatan menjelaskan bahwa “secara simultan variabel pendidikan, upah minimum kabupaten/kota (UMK), dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan di 12 Kabupaten/Kota Jawa Timur tahun 2014 – 2020”. Variabel pendidikan tidak berpengaruh terhadap kemiskinan di kabupaten/kota Jawa Timur tahun 2014 – 2020, begitu pula dengan pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan di kabupaten/kota Jawa Timur tahun 2014 – 2020, sedangkan untuk variabel upah minimum kabupaten/kota berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan di kabupaten/kota Jawa Timur tahun 2014 – 2020. Kata Kunci : Kemiskinan, Pendidikan, Upah Minimum Kabupaten / Kota ( UMK ), dan Pertumbuhan Ekonomi.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, Pendidikan, Upah Minimum Kabupaten / Kota ( UMK ), dan Pertumbuhan Ekonomi.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Economic and Business > Development Economics Study Program
Depositing User: BERNATHA NATALIA
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:56
Last Modified: 18 Apr 2023 02:56
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13860

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year