Hubungan penggunaan laptop dengan kejadian computer vision syndrome di kalangan siswa-siswi SMA Katolik Frater Don Bosco Tarakan selama pandemi Covid-19

vaticany, kambey,stya teresa (2022) Hubungan penggunaan laptop dengan kejadian computer vision syndrome di kalangan siswa-siswi SMA Katolik Frater Don Bosco Tarakan selama pandemi Covid-19. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
cover.docx.pdf

Download (416kB)
[img] Text
persentase.pdf

Download (37kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penggunaan komputer atau laptop pada waktu yang lama bisa menyebabkan masalah pada mata yang disebut Computer Vision Syndrome (CVS). Pada penelitian ini diketahui hampir seluruh siswa-siswi SMA Katolik Fr.Don Bosco Tarakan selama pandemi COVID-19 menggunakan laptop pada waktu pembelajaran online juga beraktivitas sehari-hari, kemudian mengingat penggunaan laptop berjam-jam dapat mengakibatkan masalah kesehatan,oleh karenanya peneliti tertarik untuk meneliti korelasi penggunaan laptop dengan kejadian computer vision syndrome khususnya pada siswa-siswi SMA Katolik Fr. Don Bosco Tarakan selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study. Dimana populasi pada penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Katolik Frater Don Bosco Tarakan kelas 11 dan 12 dengan besar sampel yang diambil untuk penelitian sebesar 30 diatas. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode probability sampling, yaitu simple random sampling. Selanjutnya data di analisis dengan uji Spearman Correlation pada program SPSS. Dan dari hasil uji analisis didapatkan fakta bahwa terdapat hubungan antara penggunaan laptop dengan kejadian computer vision syndrome pada siswa-siswi SMA Katolik Fr. Don Bosco Tarakan selama pandemi COVID-19, terbukti dengan p-value sebesar 0,007 (< 0,05). Kata Kunci : Penggunaan Laptop, Computer Vision Syndrome (CVS)

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Laptop, Computer Vision Syndrome (CVS)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: PKM/ LPPM/BP3 > Medicine Study Program
Depositing User: Hubungan P cany kambey
Date Deposited: 16 Feb 2023 05:40
Last Modified: 16 Feb 2023 05:40
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13720

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year