pengaruh efektifitas kuliah daring dengan tingkat stres para mahasiswa fk uwks angkatan 2019 di era pandemi covid-19

Putri, Wieke Dwi (2023) pengaruh efektifitas kuliah daring dengan tingkat stres para mahasiswa fk uwks angkatan 2019 di era pandemi covid-19. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK WIEKE.pdf

Download (728kB)
[img] Text
wieke 130119 abdicek-halaman-30 (1).pdf

Download (12kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Pada akhir tahun 2019 dunia dikejutkan dengan menyebarnya wabah Covid-19 yang mulai berkembang di Wuhan, Cina. Pada 2 Maret 2020 Pemerintah Indonesia mengumumkan dua kasus pasien yang dinyatakan positif Covid-19. Pemerintah mengeluarkan kebijakan social distancing. Seluruh aktifitas yang dilakukan secara tatap muka terpaksa dihentikan sementara waktu termasuk aktifitas Pendidikan. Namun, pelajar terutama para mahasiswa harus tetap menjalani perkuliahan yang pelaksanaannya secara online atau daring. Bagi mahasiswa, kuliah daring menimbulkan stres dan cemas yang disebabkan oleh perubahan sistem perkuliahan dan perubahan aktivitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas kuliah daring dengan tingkat stres para mahasiswa FK UWKS angkatan 2019 di Era Pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian Analitik kuantitatif dengan menggunakan model penelitian cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah 105 responden. Pengambilan sampel dengan simple random sampling. Responden diberikan kuesioner yang berisikan 8 pertanyaan terkait efektifitas kuliah daring dan 14 pertanyaan dari DASS-42. Penelitian dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Data dianalisis dengan Uji Pearson Chi-Square. Responden yang menilai bahwa kuliah daring efektif dan memiliki tingkat stres yang ringan sebanyak 25 orang (23,81%), stres sedang sebanyak 19 orang (18,10%), stres berat sebanyak 23 orang (21,90%), dan stres sangat berat sebanyak 3 orang (2,86%), sedangkan yang menilai bahwa kuliah daring tidak efektif dan memiliki tingkat stres yang berat sebanyak 1 orang (0,95%) dan stres sangat berat sebanyak 4 orang (3,81%). Hasil uji Pearson Chi-Square didapatkan nilai signifikansi p = 0,000, hal ini menunjukkan bahwa bahwa efektifitas kuliah daring mempengaruhi tingkat stres para mahasiswa. Kata Kunci : efektivitas kuliah daring, tingkat stres mahasiswa, era pandemic covid-19.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: efektivitas kuliah daring, tingkat stres mahasiswa, era pandemic covid-19.
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Wieke Dwi Putri
Date Deposited: 25 Jan 2023 06:15
Last Modified: 25 Jan 2023 06:15
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13608

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year