Hubungan Kadar Hemoglobin dan Lingkar Lengan Atas Ibu Hamil Cukup Bulan dengan Berat Badan Bayi Lahir di Puskesmas Mengwi I Kabupaten Badung

Karina Jaya, I Made Dwiky (2022) Hubungan Kadar Hemoglobin dan Lingkar Lengan Atas Ibu Hamil Cukup Bulan dengan Berat Badan Bayi Lahir di Puskesmas Mengwi I Kabupaten Badung. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (381kB)
[img] Text
plagiasi 1 (2).pdf

Download (13kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) selalu menjadi masalah dalam kesehatan masyarakat, khususnya di bidang kesehatan perinatal. Salah satu faktor risiko kematian bayi yaitu bayi dengan berat lahir rendah, terutama di masa perinatal. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara Hubungan Kadar Hemoglobin dan Lingkar Lengan Atas Ibu Hamil Cukup Bulan dengan Berat Badan Bayi Lahir di Puskesmas Mengwi I Kabupaten Badung. Dimana penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan rancangan penelitian kuantitatif melalui pendekatan cross sectional study. Populasi dan sampel penelitian ini adalah bayi yang telah dilahirkan di Puskesmas Mengwi I Kabupaten Badung dan ibunya yang dimana sudah memenuhi kriteria inklusi sebanyak 80 sampel. Variable dependen dalam riset ini berat badan bayi lahir, Variable independen adalah kadar hemoglobin dan lingkar lengan atas ibu hamil. Data yang dihasilkan pada risetialah data kategori dengan mempunyai skala nominal. Kemudian, dilaksanakan analisis data menggunakan uji Chi-Square untuk menemukan hubungan dua variabel ataupun lebih datanya (p value <0,05). Dan dari hasil analisis yang telah dilakukan diketahui adanya hubungan antara kadar hemoglobin dan lingkar lengan atas ibu hamil dengan berat badan bayi lahir.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kadar Hemoglobin, Lingkar Lengan Atas, Berat Badan Bayi Lahir
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: I Made Dwiky Karina Jaya
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:57
Last Modified: 03 Jan 2023 06:57
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13545

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year