Ekstrak daun sirsak (Annona Muricata Linn) terhadap Regenerasi sel β pankreas pada penyakit diabetes mellitus tipe 2 (Studi Literatur)

Sayoga, Kadek Wahyu (2022) Ekstrak daun sirsak (Annona Muricata Linn) terhadap Regenerasi sel β pankreas pada penyakit diabetes mellitus tipe 2 (Studi Literatur). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK_19700126.pdf

Download (382kB)
[img] Text
LAMPIRAN PLAGIASI 1.pdf

Download (14kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Diabetes mellitus adalah gangguan metabolisme yang ditandai dengan hiperglikemia sebagai akibat kelainan sekresi atau kerja insulin, atau kombinasi keduanya. Antidiabetik oral tersedia di apotek tetapi membutuhkan biaya yang lumayan dan memiliki beberapa efek samping hal inilah yang mendorong masyarakat mulai beralih menggunakan pengobatan tradisional. Sirsak terutama daunnya telah digunakan secara eksperimental sebagai antidiabetes. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh ekstrak daun sirsak (annona muricata linn) terhadap regenerasi sel β pankreas pada model tikus diabetes mellitus. Studi ini merupakan studi literatur, dengan referensi untuk menarik kesimpulan dari temuan penelitian. Penelitian ini membahas 14 jurnal yang berkaitan dengan pengaruh ekstrak daun sirsak (annona muricata linn) terhadap regenerasi sel β pankreas pada model tikus diabetes mellitus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak memiliki senyawa sebagai antidiabetes yang terkandung di dalam daun sirsak seperti flavonoid, tanin, dan alkaloid yang memiliki khasiat dalam meregenerasi sel β pankreas yang rusak karena induksi aloksan atau streptozotocin penyebab diabetes mellitus. Berdasarkan hasil studi literatur ini maka didapatkan kesimpulan bahwa ada pengaruh ekstrak daun sirsak (annona muricata linn) terhadap regenerasi sel β pankreas pada model tikus diabetes mellitus.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Ekstrak daun sirsak, Sel β pankreas, Diabetes Mellitus
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Kadek Wahyu Sayoga
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:58
Last Modified: 02 Jan 2023 03:58
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13540

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year