Desain kemasan produk susu dengan penerapan metode quality function deployment (studi kasus pada produk susu merek X, Mojokerto)

Pralista, Finsa Achmadani (2022) Desain kemasan produk susu dengan penerapan metode quality function deployment (studi kasus pada produk susu merek X, Mojokerto). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (664kB)
[img] Text
plagiasi skripsi.pdf

Download (18kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

RINGKASAN Saat ini susu pasteurisasi menjadi salah satu olahan susu dan menjadi bisnis yang menjanjikan. Banyak UMKM yang mulai memproduksi susu, salah satunya adalah susu merek X. Susu merek X diproduksi oleh industri rumahan di Mojokerto. Susu merek X ini disenangi oleh warga sekitar tempat produksi susu yang gemar olahan dari susu. Susu merek X digemari di kalangan remaja sampai tua. Perusahaan dituntut untuk memberikan yang terbaik kepada produk susunya, karena banyaknya persaingan pada produk susu tersebut sehingga perlu memikat banyak konsumen dengan produk susu yang terbaik. Untuk melihat kelebihan suatu produk dapat diniai dari desain produk susu tersebut, seperti produk susu merek x yang memerlukan perbaikan desain kemasan karena desain kemasan lama yang kurang bisa menarik konsumen untuk membelinya. Hal tersebut yang menjadi alasan untuk melakukan dan melaksanakan penelitian skripsi menggunakan metode QFD karena QFD dapat mengetahui apa yang diharapkan dan diinginkan pembeli sebagai bentuk meningkatkan kualitas kemasan produk susu merek x. Penelitian ini dilakukan di wilayah Mojokerto Jawa Timur. Metode yang digunakan adalah metode Quality Function Deployment yang secara garis besar dibagi menjadi tiga tahap yakni tahap pengupulan Voice of Customer, tahap penyusunan House of Quality, dan tahap analisis dan interpretasi. Variabel yang dikaji pada kuisioner meliputi tutup kemasan, warna pengaman tutup kemasan, bahan kemasan, warna kemasan, ukuran (volume/isi) kemasan, gambar dan tampilan kemasan, label kemasan, dan Variasi Desain Kemasan. Jumlah sampel minimal 100 responden dengan tenggat wak tu tenggat penyebaran ± 2 minggu. Setelah mendapatkan informasi dari hasil jawaban kuisioner perlu dilakukan uji dengan uji validitas. Setelah dilakukan uji validitas, jawaban kuisioner dilakukan uji reliabilitas Setelah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas dan jawaban kuisioner hasilnya valid dan reliabel akan dilanjutkan menggunakan metode QFD. Dua uji pada jawaban kuisioner hasilnya valid dan reliabel setelah dilakukkannya uji validitas dan uji reliabilitas. Perubahan yang dilakukan pada produk dilihat berdasarkan perhitungan Technical Respon, perhitungan Improvement Ratio, dan perhitungan target. Industri rumahan produk susu merek X diharapkan mampu mengikuti perkembangan jaman dan trend yang ada agar lebih menarik minat konsumen. Perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai penerimaan pasar produk susu merek X dengan kemasan barunya. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tanggal kadaluwarsa produk susu merek X. Kata Kunci : Susu merek X, Qualiy Function Deployment, Voice of Customer, House of Quality.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Susu merek X, Qualiy Function Deployment, Voice of Customer, House of Quality.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Agro-industrial Technology Study Program
Depositing User: Finsa Achmadani Pralista
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:50
Last Modified: 07 Oct 2022 03:50
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12817

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year