Pengaruh Pemanfaatan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup Dan Ekosistem Siswa Kelas V Sd raden Patah Surabaya

Azka Dapitra Azhim, Azhim (2022) Pengaruh Pemanfaatan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup Dan Ekosistem Siswa Kelas V Sd raden Patah Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (491kB)
[img] Text
PERSEN PLAGIASI.pdf

Download (143kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media power point Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA materi Hubungan antar makhluk Hidup dan Ekosistem di Kelas V SD Raden Patah Surabaya. Jenis penelitian adalah kuantitatif dalam bentuk quasi eksperiment design. Dengan desain The Nonequivalent Pretest-postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Raden Patah Surabaya. Sampel penelitian ini menggunakan kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes yang berupa pre-test dan post-test yakni objektif pilihan ganda. Analisis angket dan tes didapat dari uji independent sampel t test, yakni 4.957 > t tabel 4.774, sehingga diperoleh nilai t hitung > t tabel. Maka dapat disimpulkan bahwa Hο ditolak dan Hα diterima. Nilai Signifikan (2-tailed) menunjukan angka 0,039 < 0,05. Maka terdapat perbandingan yang signifikansi antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Besar pengaruh media pembelajaran berbasis power point terhadap hasil belajar IPA materi Hubungan Antar Makhluk Hidup dan Ekosistem pada siswa kelas V SD Raden Patah Surabaya menunjukkan perbandingan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 36,1%. Berdasarkan perolehan presentase tersebut pengaruh media pembelajaran berbasis power point memberikan peningkatan pada hasil belajar siswa kelas V SD Raden Patah Surabaya. Kata Kunci : Media power point, Hasil Belajar, Materi IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Media power point, Hasil Belajar, Materi IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Azhim Azka Dapitra
Date Deposited: 19 Oct 2022 02:19
Last Modified: 19 Oct 2022 02:19
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12713

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year