Pengembangan Slider Card Sebagai Media Pembelajaran IPS Materi Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Siswa Kelas IV SDN Kepuhkajang 2 Jombang

Setiawati, Nadia (2022) Pengembangan Slider Card Sebagai Media Pembelajaran IPS Materi Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Siswa Kelas IV SDN Kepuhkajang 2 Jombang. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text
PERSENTASE PLAGIASI.pdf

Download (33kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk mengembangkan slider card sebagai media pembelajaran pada materi keunikan daerah tempat tinggalku siswa kelas IV SDN Kepuhkajang 2 Jombang. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data diperoleh dari hasil penilaian ahli media, ahli materi, uji coba siswa serta hasil pre test dan post test. Hasil dari pengembangan media slider card dapat dinyatakan valid berdasarkan uji kelayakan oleh : a. Ahli media memperoleh nilai sebesar 83,3% dengan kualifikasi layak, b. Ahli materi memperoleh nilai sebesar 83,3% dengan kualifikasi valid/layak, c. Uji coba siswa memperoleh nilai sebesar 100% dengan kualifikasi layak. d. Hasil belajar dari 20 siswa terdiri atas dua tes. Rata-rata hasil pre test adalah 58,75 sedangkan rata-rata hasil post test adalah 87,75. Dari kedua nilai tersebut, disimpulkan bahwa hasil belajar meningkat sebesar 33,04%. Berdasarkan uji coba yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media slider card untuk materi keunikan daerah tempat tinggalku layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran siswa kelas IV SDN Kepuhkajang 2 Jombang.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Slider Card, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: NADIA SETIAWATI NADIA
Date Deposited: 04 Oct 2022 09:26
Last Modified: 04 Oct 2022 09:26
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12696

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year