Pengaruh media canva dan qr code terhadap hasil belajar IPS

Ristyanti, Ainnur (2022) Pengaruh media canva dan qr code terhadap hasil belajar IPS. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma University Surabaya.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Laporan Plagiasi%.pdf

Download (24kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Ristyanti, Ainnur. 2022. “Pengaruh Media Canva dan QR Code Terhadap Hasil Belajar IPS”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Bahasa dan Sains, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Pembimbing 1.) Diyas Age Larasati, S.Pd., M.Pd.; 2.) Diah Yovita Suryarini, S.Sos., M.Pd. Pembelajaran IPS yang dilakukan oleh guru kurang didukung dengan penggunaan media pembelajaran dan cenderung monoton sehingga siswa terlihat jenuh mengikuti pembelajaran. Hal tersebut yang akhirnya berdampak pada rendahnya hasil belajar 32% siswa. Dengan menggunakan media canva dan qr codediharapkan dapat menarik minat siswa dalam belajar dan memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media canva dan qr code terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen jenis Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan berjumlah 62 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas IV A sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan IV C sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan (1) Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada kelas eksperimen memperoleh nilai rerata 81,65 dan pada kelas kontrol memperoleh nilai rerata 81,05 termasuk dalam kriteria sangat baik. (2) Aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri 220 Gresik pada kelas eksperimen memperoleh nilai rerata 88,91% dan pada kelas kontrol memperoleh nilai rerata 87,61% termasuk dalam kriteria sangat baik. (3) Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai rerata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 99 dan kelas kontrol sebesar 78,3. (4) Hasil uji hipotesis menggunakan uji t, menunjukkan hasil output pair 1 dan pair 2 diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000<0,05 dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak maka terdapat pengaruh yang signifikan dari media Canva dan QR Code terhadap hasil belajar IPS SD. Kata kunci : Media Canva, QR Code, hasil belajar, IPS SD.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Canva, QR Code, hasil belajar, IPS SD.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Ainnur Ristyanti
Date Deposited: 27 Sep 2022 04:58
Last Modified: 27 Sep 2022 04:58
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12559

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year