Penggunaan media diorama pada mata pelajaran bahasa Indonesia topik keterampilan menulis teks narasi sederhana untuk siswa kelas II UPT SD Negeri 220 Gresik

Silvia, Rossa Ilma (2022) Penggunaan media diorama pada mata pelajaran bahasa Indonesia topik keterampilan menulis teks narasi sederhana untuk siswa kelas II UPT SD Negeri 220 Gresik. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf

Download (37kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Silvia, Rossa Ilma. 2022. “Penggunaan Media Diorama Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Topik Keterampilan Menulis Teks Narasi Sederhana Untuk Kelas II Upt SD Negeri 220 Gresik”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Bahasa dan Sains, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, pembimbing : 1. Dra Suprihatien M.M., M.Pd. 2. Erlin Kartikasari S.Pd., M.Pd. Mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diajarkan di kelas II Sekolah dasar terdapat materi menulis teks narasi sederhana, untuk menciptakan pembelajaan yang menarik dan tidak membosankan diperlukan penggunaan media dalam pembelajaran. Dengan penggunaan Media Diorama diharapkan siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Tujuan peneltian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan Media Diorama pada mata pelajaran bahasa Indonesia topik keterampilan menulis teks narasi sederhana untuk siswa kelas II UPT SD Negeri 220 Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar respon angket siswa. Bedasarkan penelitian yang telah dilakukan (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan Media Diorama memperolah prosentase 90% pada pertemuan pertama dan 97,5% pada pertemuan kedua sehingga dapat dikategorikan sangat baik. (2) aktivitas belajar siswa kelas II UPT SD Negeri 220 Gresik pada dua pertemuan mencapai prosentase 94%, berdasarkan taraf keberhasilan tindakan tersebut maka taraf keberhasilan aktivitas siswa dapat dikategorikan sangat baik. (3) rata-rata yang diperoleh pada lembar angket respon siswa kelas II UPT SD Negeri 220 Gresik adalah 93% dapat dikategorikan sangat baik dan respon siswa dinyatakan positif. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media diorama dapat mempermudah siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia topik keterampilan menulis teks narasi sederhana. Kata Kunci : Media Diorama, Bahasa Indonesia, teks narasi sederhana

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Diorama, Bahasa Indonesia, teks narasi sederhana
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Rossa Ilma Silvia
Date Deposited: 27 Sep 2022 05:13
Last Modified: 27 Sep 2022 05:13
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12558

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year