Penerimaan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) bagi siswa kelas V sd Dumas Surabaya

Putri, Risandi Mardanis (2022) Penerimaan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) bagi siswa kelas V sd Dumas Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 2.pdf

Download (23kB)
Official URL: Https://uwk.ac.id

Abstract

Putri, Risandi Mardanis. 2022 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS Materi Interaksi Manusia Dengan Lingkungannya Kelas V SD Dumas Surabaya, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Dosen Pembimbing I : Reza Syehma Bachtiar,SPd, MPd 2: Jarmani, SPd, MPd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS) Bagi Siswa Kelas V SD Dumas Surabaya. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang berfokus kepada siswa, sehingga penerapan model pembelajaran problem based learning dalam materi Interaksi Manusia Dengan Lingkungannya dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Dumas Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes Hasil Belajar, Observasi, Panduan Wawancara. Data yang diperoleh Tes Hasil belajar adalah menggunakan perhitungan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Tes Hasil Belajar pada pertemuan pertama adalah 76, 25 %, dan pertemuan kedua adalah 90 %. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Interaksi Manusia Dengan Lingkungannya Kelas V.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Interaksi Manusia Dengan Lingkungannya Kelas V.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Risandi Mardanis Putri
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:23
Last Modified: 26 Sep 2022 03:23
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12522

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year