Tata kelola pemerintahan desa dalam mewujudkan good governance (studi kasus di desa Kendal Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan)". Tesis

Sutanto, Fanny Lia (2022) Tata kelola pemerintahan desa dalam mewujudkan good governance (studi kasus di desa Kendal Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan)". Tesis. Masters (S2) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
pdf (2).pdf

Download (2MB)
[img] Text
receipt_PENERAPAN GOOD GOVERNANCE PEMERINTAH DESA (4).pdf

Download (180kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Fanny Lia Sutanto, 2022, ''TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE (Studi Kasus Di Desa Kendal Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan)". Tesis pada Program Studi Magister Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing Utarna: (Dr. Basa Alim Tualeka, Drs., M.Si.). Pembimbing Pendamping: (Dr. Yenik Pujowati, S.AP., M.AP.). Kata Kunci : Good Governance, Desa Kendal, Dialog Publik, Partisipasi Masyarakat. Perkembangan demokrasi dan globalisasi menjadi pendukung jalannya perubahan tata kelola pemerintahan yang menjadi salah satu skala prioritas pasca reforrnasi. Salah satu gagasan dalarn melakukan perubahan tersebut ialah gagasan good governance yang melibatkan aktor - aktor masyarakat sipil dan swasta dalam merancang, mengevaluasi dan melaksanakan kebijakan. Selain itu variabel penting dalarn gagasan ini ialah transparansi, responsivitas, akuntabilitas dan partisipaasi masyarakat atau aktor - aktor masyarakat baik dari sektor sipil maupun swasta. Adanya UU Desa No. 6 Tahun 2014 memperkuat konteks ini. Desa dengan aspek rekognisi dan subsidiaritas yang dilegitimasi melalui UU tersebut mengalarni inovasi pembangunan melalui pelayanan publik, kebijakan dan lain - lain. Peneliti menganalisa Desa Kendal Kecarnatan Sekaran Kabupaten Larnongan Propinsi Jawa Timur, pemerintahan mampu melakukan penguatan nilai - nilai good governance sejak di bawah kepemimpinan Rois Purwo Nugroho. Perubahan secara signifikan terjadi setelah adanya dialog publik yang mernicu keterlibatan masyarakat luas serta menarnbah kepercayaan publik. Selain itu, ruang partisipasi kepada seluruh elemen desa dan swasta juga disediakan guna untuk membangun desa secara kolektif. Program - program desa yang bekerja dengan baik membuktikan bahwa poin - poin penting dalam good governance. Terlepas drui penerapan poin good governance, tantangan penerapannya yang secara tidak langsung memberi darnpak perubahan sosial-politik desa yang kemudian tidak hanya membuat simetris kolaboratif antar masyru•akat juga potensi kompentisi yang terbuka.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Good Governance, Desa Kendal, Dialog Publik, Partisipasi Masyarakat.
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master in Political science Study Program
Depositing User: 55 fannylia UWKS
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:12
Last Modified: 29 Jul 2022 02:12
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11965

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year