Pengaruh komorbid dermatitis atopik terhadap nilai vas penderita rhinitis alergi pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya angkatan 2018

Widiawan, Muhamad Zulfikar (2022) Pengaruh komorbid dermatitis atopik terhadap nilai vas penderita rhinitis alergi pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya angkatan 2018. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (464kB)
[img] Text
Laporan Cek plagiasi 1.pdf

Download (14kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Rhinitis alergi (RA) merupakan suatu reaksi hipersesitivitas tipe 1 yang terjadi akibat alergen tertentu pada mukosa rongga hidung menyebabkan inflamasi pada area tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara komorbid dermatitis atopik dengan rhinitis alergi pada mahasiswa kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Angkatan 2018. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study yang mempelajari hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen dengan pengukuran sekali dan dalam waktu yang bersamaan. Sampel penelitian yang di dapat sebanyak 81 mahasiswa. Dari 81 mahasiswa tersebut didapatkan 34 mahasiswa yang memenuhi syarat menjadi sampel. Penelitian ini menggunakan uji Spearman Correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar Mahasiswa FK UWKS angkatan 2018 yang menjadi responden dalam penelitian ini tidak memiliki komorbid dermatitis atopik yaitu sebanyak 75 orang (92,6%) dan sebanyak 6 orang (7,4%) responden mempunyai komorbid dermatitis atopik. Hasil analisis menunjukan tidak adanya hubungan komorbid dermatitis atopik terhadap nilai VAS penderita rhinitis alergi pada mahasiswa angkatan 2018 FK UWKS. Hal ini terbukti dengan nilai sig pada saat uji Spearman Correlation sebesar 0,072 (> 0,05). Dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,201 masuk pada kategori sangat lemah. Untuk dapat memperoleh hasil yang lebih akurat dalam penelitian disarankan untuk melakukan penelitian saat keadaan telah kembali offline sepenuhnya agar hasil yang diperoleh dapat lebih optimal sesuai dengan keadaan sebenarnya.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Dermatitis Atopik, Rhinitis Alergi, VAS
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Muhamad Zulfikar Widiawan
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:21
Last Modified: 22 Jul 2022 02:21
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11909

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year