Pengaruh E-WOM dalam media sosial titok terhadap minat beli konsumen dengan brand image sebagai variabel intervening (studi pada thrift shop di Surabaya)

Fadillah, Adhitya, Fadillah (2022) Pengaruh E-WOM dalam media sosial titok terhadap minat beli konsumen dengan brand image sebagai variabel intervening (studi pada thrift shop di Surabaya). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAKK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text
CEK PLAGIASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Kegiatan thrifty berikut memanglah telah lama diminati oleh beberapa orang, namun baru menjadi suatu trend semenjak diperkenalkan oleh beberapa artis internasional. Banyaknya penggemar yang dimiliki oleh artis-artis tersebut, menjadikan konsumen mencoba guna mengikui gaya sang idola yang mana berakhir menjadi suatu trend guna melakukan pembelian baju di toko thrift. Social media beperan sangat penting dalam tenarnya penjualan pakaian bekas. Efek dari cepatnya tersebar informasi di social media membuat trend-trend fashion menjadi hal yang mudah untuk diketahui yang membuat orang dengan mudah untuk mengikutinya dan permintaan akan konsumsi pakaian akan meningkat. Hal ini sangat menarik perhatian peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh E-Wom dalam Media Sosial TikTok Terhadap Minat Beli Konsumen dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Thrift Shop Di Surabaya)”. Hasil penelitian menunjukkan variabel Electronic Word of Mouth (X) pada media sosial TikTok berpengaruh signifikan terhadap Brand Image (Z). Variabel Electronic Word of Mouth (X) pada media sosial TikTok Tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat beli (Y) atau memiliki pengaruh kecil pada konsumen Thrift shop di Surabaya Barat. Meskipun hasil tidak signifikan, hal tersebut menunjukkan bahwa ternyata variabel tersebut secara langsung memang tidak signifikan berpengaruh, namun secara tidak langsung memiliki pengaruh signifikan sebagai mediasi. Variabel Brand Image (Z) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Y) secara signifikan sebesar 0,531. Variabel Brand Image (Z) memediasi pengaruh Electronic Word of Mouth (X) terhadap Minat Beli (Y) konsumen Thrift shop di Surabaya Barat karena memiliki nilai z pada uji sobel yang diperoleh sebesar 2,14 > 1.96. Untuk penelitian selanjutnya, diharapkan dapat menambah sampel penelitian sehingga dapat menggeneralisir kesimpulan yang lebih luas, misalkan untuk konsumen di seluruh wilayah Surabaya. Kata Kunci : Electronic Word of Mouth, Brand Image, Minat Beli, thrifty, media sosia

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Brand Image, Minat Beli, thrifty, media sosial
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic and Business > Management Study Program
Depositing User: Adhitya ariesta fadillah
Date Deposited: 10 May 2022 00:15
Last Modified: 10 May 2022 00:15
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11684

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year