Pengembangan desain kemasan produk sambal kemasan dengan penerapan metode quality function deployment (studi kasus pada sambal kemasan resep kuno, Surabaya)

Nurudin, Alif Urrahman (2022) Pengembangan desain kemasan produk sambal kemasan dengan penerapan metode quality function deployment (studi kasus pada sambal kemasan resep kuno, Surabaya). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf

Download (15kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Banyak UMKM yang mulai memproduksi sambal, salah satunya adalah merk Sambal Resep Kuno. Sambal Resep Kuno adalah sambal khas dari Surabaya, diproduksi oleh industri rumahan di Surabaya. Banyaknya persaingan untuk barang-barang komparatif membuat sebuah perusahaan diharapkan pada umumnya memiliki pilihan untuk memberikan yang terbaik, dengan tujuan dapat menarik banyak pembeli. Untuk menilai suatu barang, sangat baik dapat dilihat dari desain barangnya, begitu juga dengan makanan sambal yang memerlukan perbaikan dalam rancangan bundling agar dapat menarik selera pembeli. Hal inilah yang mendorong untuk melakukan penelitian dengan metode Quality Function Deployment (QFD) dimana dengan metode ini akan diketahui harapan dan keinginan konsumen untuk peningkatan desain kemasan Sambal Resep Kuno. Informasi yang diperoleh dari kuesioner kemudian akan diuji validitas untuk menentukan tingkat kevalidan pertanyaan dalam survei. Selain itu, uji reliabilitas akan dilakukan untuk memastikan bahwa survei dapat diandalkan sebagai instrumen pengumpulan data. Jika survei dianggap valid dan reliabel, itu dilanjutkan dengan pengujian informasi menggunakan Quality Function Deployment. Hasil uji validitas dan reliabilitas pada kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini sudah bersifat valid dan reliabel. Berdasarkan perhitungan Technical Respon diperoleh urutan atribut yang dipentingkan yaitu kemasan memiliki ukuran sedang 200gr, bentuk kemasan toples tabung berlekuk, kemasan menggunakan bahan kaca, segel dalam kemasan berbahan aluminium foil dan disertai segel pada luar kemasan, warna tutup kemasan disesuaikan dengan varian produk, desain kemasan sederhana/produk terlihat pada kemasan, label mencantumkan keterangan kedaluwarsa dan gambar dan tampilan kemasan stiker berbahan plastik. Dari hasil penelitian usaha terbesar yang dilakukan perusahaan (Improvement Ratio) adalah label mencantumkan keterangan kedaluwarsa, tutup menggunakan segel, dan penyesuaian warna tutup kemasan dengan varian produk. Ada tiga respon teknis yang perlu segera dilaksanakan oleh Sambal Resep Kuno yaitu menggunakan stiker berbahan plastik pada tampilan kemasan, menggunakan kemasan berbahan baku kaca, serta dan menggunakan desain sederhana/produk dapat terlihat dalam rangka memberikan kepuasan pada konsumen terhadap desain kemasan produk yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Sambal Resep Kuno, Qualiy Function Deployment, Voice of Customer, House of Quality.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Agro-industrial Technology Study Program
Depositing User: Alif Urrahman Nurudin
Date Deposited: 25 Apr 2022 04:22
Last Modified: 25 Apr 2022 04:22
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11661

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year