Penggunaan media kartu huruf untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf kapital pada siswa kelas ii sekolah dasar

Fidiyanti, Ika ilmi (2022) Penggunaan media kartu huruf untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf kapital pada siswa kelas ii sekolah dasar. Bachelor (S1) thesis, Elementary teacher education study program.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Cek plagiasi II.pdf

Download (27kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Fidiyanti, Ika Ilmi. 2021. “Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Ketermapilan Menulis Huruf Kapital Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Bahasa dan Sains, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Pembimbing : 1. Dra. Suprihatien, M,M., M.Pd. 2. Dra. Endang Nuryasana, M.Pd. Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diajarkan di keas II Sekolah Dasar terdapat materi menulis huruf kapital, unuk menciptakan pembelajaran yang menarik dan tidak monoton diperlukan adanya model pembelajaran. Dengan penggunaan Media Kartu Huruf diharapkan dapat membuat siswa lebih aktif dan dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media Kartu Huruf dapat meningkatan keterampilan menulis huruf kapital pada siswa kelas II SDN Anggaswangi I Sukodono Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan media Kartu Huruf untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf kapital memperoleh presentase yang cukup tinggi yaitu 87,5% pada pertemuan pertama dan 96,9% pada pertemuan kedua sehingga dapat dikategorikan Sangat Baik. (2) Aktivitas belajar siswa kelas II SDN Anggaswangi I pada dua pertemuan mencapai skor 96,9 %, berdasarkan taraf keberhasilan tindakan tersebut maka taraf keberhasilan aktivitas siswa dapat dikategorikan dalam kriteria Sangat Baik. (3) Rata-rata yang diperoleh dari data angket respon siswa kelas II SDN Anggaswangi I adalah 90,2 % dengan kategori Sangat Baik dan respon siswa bisa dinyatakan Positif. (4) Rata-rata skor yang diperoleh siswa adalah 95,51, dengan demikian dapat dikatakan bahwa setelah penggunaan media Kartu Huruf, kemampuan menulis huruf kapital pada siswa kelas II SDN Anggaswangi I mengalami peningkatan yang sangat besar dan seluruh siswa mencapai ketuntasan berdasarkan KKM yang telah ditentukan. Kata Kunci : kualitatif, media kartu huruf, bahasa Indonesia, huruf kapital.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: kualitatif, media kartu huruf, bahasa Indonesia, huruf kapital
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Ika ilmi Fidiyanti
Date Deposited: 19 Apr 2022 00:49
Last Modified: 19 Apr 2022 00:49
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11572

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year