Pengawasan Pemerintah Daerah Propinsi Jawa Timur kepada perusahaan terkait perlindungan hak pekerja atas kesehatan kerja pada masa pandemi covid-19

Maharani, Hermaya Septi (2022) Pengawasan Pemerintah Daerah Propinsi Jawa Timur kepada perusahaan terkait perlindungan hak pekerja atas kesehatan kerja pada masa pandemi covid-19. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
JUDUL-ABSTRAK (1).pdf

Download (875kB)
[img] Text
TURNITIN 20%.pdf

Download (79kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul Pengawasan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur Kepada Perusahaan Terkait Perlindungan Terhadap Hak Pekerja atas Kesehatan Kerja Pada Masa Pandemi Covid-19, bertujuan pertama untuk mengetahui apa saja bentuk pengawasan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur dalam melakukan pengawasan kepada perusahaan di daerah-daerah Provinsi Jawa Timur terkait kesehatan kerja para pekerjanya. Kedua, untuk mengetahui jaminan perlindungan kesehatan kerja para tenaga kerja di perusahaan dan mengetahui mekanisme pengawasan yang dilakukan oleh perusahaan guna membantu pengawas ketenagakerjaan dalam menjalankan fungsi pengawasannya. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah menggunakan metode penelitian Yuridis Normatif yang merupakan penelitian kepustakaan, yaitu penelitian terhadap peraturan perundang-undangan dan literatur yang berkaitan dengan materi yang dibahas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pertama: bahwa bentuk pengawasan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur kepada perusahaan untuk memastikan terpenuhinya hak pekerja atas kesehatan kerja di masa pandemi Covid-19 ini adalah Bentuk Pengawasan Preventif (upaya pencegahan) dan Bentuk Pengawasan Represif (pemberian sanksi). Yang melakukan kegiatan pengawasan ketenagakerjaan adalah Gubernur bersama dengan Bupati dan/atau Wali Kota dengan bantuan Satuan Polisi Pamong Praja, Satuan Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 serta TNI dan POLRI. Untuk menjamin terpenuhinya hak pekerja atas kesehatan kerja, maka Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur harus melakukan pengawasan dengan memastikan bahwa setiap perusahaan dapat menjamin atas kesehatan para pekerjanya dan memberikan laporan kepada pengawas ketenagakerjaan dan yang bertugas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kepada tenaga kerja adalah perusahaan, hal ini dapat dibuktikan dengan setiap perusahaan menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang di atur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012. Kedua: mekanisme pengawasan ketenagakerjaan dilakukan sama seperti mekanisme sebelum adanya wabah Covid-19. Karena mekanisme yang ada merupakan mekanisme dengan sistem yang utuh sehingga pengawasan dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Yang membedakan adalah di masa pandemi ini kegiatan pengawasan dapat dilakukan secara daring. Kata Kunci: Pengawasan, Kesehatan Kerja, Tenaga Kerja, Pemerintah Daerah.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, Kesehatan Kerja, Tenaga Kerja, Pemerintah Daerah.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law
Depositing User: Hermaya Septi Maharani
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:42
Last Modified: 07 Apr 2022 03:42
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11376

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year