Penerapan activity based costing sebagai alat bantu manajemen untuk mencapai efisiensi biaya pada PT Berkat Sarana Glory ( BSG )

Rachmawati, Ania Nur (2022) Penerapan activity based costing sebagai alat bantu manajemen untuk mencapai efisiensi biaya pada PT Berkat Sarana Glory ( BSG ). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
laporan cek plagiasi.pdf

Download (752kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan terhadap perusahaan PT Berkat Sarana Glory. Penelitian ini mempunyai tujuan utama yaitu mencapai efisiensi biaya pada perusahaan. Sebelum mencapai efisiensi biaya pada perusahaan ada beberapa Langkah yaitu menentukan Harga Pokok Produksi menggunakan metode tradisonal dan metode Activity-Based Costing. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wawancara. Wawancara yaitu Teknik tanya jawab secara lisan untuk memperoleh informasi data output atau input pada perusahaan. Penelitian ini berfokus pada Harga Pokok Produksi serta Efisiensi Biaya pada PT Berkat Sarana Glory. Obyek pada penelitian ini merupakan data-data yang berhubungan dengan aktivitas yang mengeluarkan biaya pada perusahaan. Harga pokok produksi menggunakan metode tradisonal diperoleh sebesar Rp 66.933 pada unit produk celana jeans, Rp 163.000 pada unit produk baju, Rp163.000 pada unit kemeja dan menggunakan metode Activity-Based Costing diperoleh sebesar Rp 46.028 untuk celana jeans, Rp 109.895 untuk baju, 110.240 untuk kemeja. Perbedaan terjadi karena pembebanan biaya overhead pabrik. Dengan metode tradisional, biaya overhead per produk hanya dibebankan pada satu pemicu biaya. Metode Activity Based Costing, biaya overhead dibebankan untuk setiap produk ke beberapa pemicu biaya sehingga perusahaan dapat menetapkan biaya dengan benar ke aktivitas dalam penetapan biaya berbasis aktivitas. Kata Kunci: Activity-Based Costing, Harga Pokok Produksi, Efisien Biaya.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Activity-Based Costing, Harga Pokok Produksi, Efisien Biaya.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Economic and Business
Depositing User: 43 Ania Nur Rachmawati UWKS
Date Deposited: 25 Mar 2022 03:49
Last Modified: 25 Mar 2022 03:49
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11098

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year