Analisis keuntungan pemasaran bunga mawar potong (Rosa hybrida L.) di Surabaya.

Sofiana, Dinda Ayu (2022) Analisis keuntungan pemasaran bunga mawar potong (Rosa hybrida L.) di Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
A. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
L. PLAGIASI %.pdf

Download (23kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Tanaman hias khususnya bunga merupakan salah satu produk hortikultura yang banyak diminati. Selain fungsi estetika, bunga juga menawarkan manfaat ekonomi. Salah satu peluang bisnis yang menarik adalah budidaya tanaman hias. Salah satu bunga hias yang bisa dijadikan usaha adalah bunga mawar. Mawar (Rosa hybrida L.) merupakan salah satu jenis bunga potong yang populer di Indonesia. Bunga mawar potong banyak diminati oleh para dekorator, toko bunga, hotel, restoran dan konsumen bunga mawar untuk menghias interiornya. Tujuan penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui biaya pemasaran bunga mawar potong di Pasar Bunga Kayoon Surabaya, 2). Untuk menganalisis keuntungan dalam pemasaran bunga mawar potong di Pasar Bunga Kayoon Surabaya, 3). Untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keuntungan pemasaran bunga mawar potong di Pasar Bunga Kayoon Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah simple random sampling. Responden dalam penelitian ini adalah 30 pedagang bunga mawar potong. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil regresi linier berganda, maka model keuntungan pemasaran bunga mawar potong di Pasar Bunga Kayoon Surabaya adalah sebagai berikut : Y= 2956323.939 – 2.973X1 + 1.067X2 + 6.892X3 – 0.475X4 + e. Berdasarkan F – statistik sebesar 4.346 dengan signifikansi 0,008 %, dapat diartikan bahwa secara simultan semua aktivitas pemasaran yang dilakukan meliputi biaya sewa stand, biaya retribusi, biaya transportasi dan biaya tenaga kerja berpengaruh signifikan terhadap keuntungan pemasaran bunga mawar potong di Pasar Bunga Kayoon Surabaya. Secara parsial aktivitas pemasaran yang berpengaruh signifikan terhadap keuntungan pemasaran adalah biaya sewa stand dan biaya transportasi.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: bunga mawar potong , keuntungan pemasaran, regresi linier berganda
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Agribusiness Study Program
Depositing User: Dinda Ayu Sofiana
Date Deposited: 21 Feb 2022 01:39
Last Modified: 21 Feb 2022 01:39
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11030

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year