Pengaruh Pola Makan dan Aktivitas Fisik terhadap Kejadian Obesitas pada Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP) Usia 13-15 Tahun di Masa Pandemi COVID-19

Rohmah, Faizatur (2021) Pengaruh Pola Makan dan Aktivitas Fisik terhadap Kejadian Obesitas pada Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP) Usia 13-15 Tahun di Masa Pandemi COVID-19. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1..pdf

Download (264kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Pengaruh kebijakan pembatasan sosial akibat pandemi COVID-19 pada kehidupan anak-anak yang harus beraktivitas dan bersekolah dari rumah membuat menurunnya aktivitas anak, pola makan dan durasi tidur anak meningkat, sehingga memperbesar risiko terjadinya obesitas pada anak-anak. Obesitas pada anak meru-pakan masalah kesehatan masyarakat yang utama di seluruh dunia. Pola pertum-buhan obesitas selama masa kanak-kanak berkaitan dengan peningkatan pertum-buhan linier pada anak, yang menyebabkan percepatan pematangan lempeng per-tumbuhan epifisis (EGP). Nutrisi, keseimbangan energi dan hormon saling mempengaruhi dalam regulasi pertumbuhan dan perkembangan pubertas terutama anak dengan obesitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pola makan dan aktivitas fisik terhadap kejadian obesitas pada anak sekolah menengah pertama (SMP) usia 13-15 tahun di masa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan adalah traditional literature review/narrative literature review dengan menganalisis secara deskriptif artikel yang berkaitan dengan topik. Hasil analisis dari 15 jurnal melaporkan pola makan anak-anak selama masa karantina mengalami perubahan baik dari porsi makanan yang meningkat, kebiasaan baru, konsumsi makanan dan minuman berkalori tinggi hingga aktivitas fisik dan perilaku menetap juga berubah. Pola makan yang buruk dan aktivitas gerak yang kurang selama lockdown berpengaruh terhadap penambahan berat badan anak dan tingginya risiko obesitas. Berbagai pihak, khususnya orangtua dan keluarga serta pihak sekolah harus selalu memantau keadaan dan keperluan gizi anak. Penyedia layanan kesehatan juga harus menyoroti risiko obesitas dan memberikan strategi pencegahan pada anak obesitas.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pola makan, aktivitas fisik, obesitas anak, pubertas, COVID-19.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Faizatur Rohmah
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:23
Last Modified: 24 Feb 2022 03:23
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10609

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year