Nilasari, Narida (2021) Analisis pengaruh inovasi produk, orientasi pasar dan budaya organisasi terhadap kinerja usaha dengan keunggulan bersaing sebagai variabel intervening ( Studi Empiris UMKM Industri Kreatif Agriculture Kabupaten Bojonegoro – Jawa Timur ). Masters (S2) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
ABSTRAK.pdf Download (652kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
|
Text
DRAFT JURNAL NARIDA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Tesis Narida 24 %.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisa pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Pasar dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Usaha dengan variabel intervening Keunggulan Bersaing. Penelitian yang dilakukan di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur ini melibatkan pelaku usaha industri kreatif Agrikultur, kriya dan kuliner. Metodologi, metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuesioner terhadap 100 pelaku usaha dengan teknik Probability Sampling dengan system pengambilan sampling secara systemic random sampling. Hasil jawaban kuesioner diberikan skala menurut Skala Likert dengan skor 1-5. Selanjutnya data dianalisa dengan menggunakan perhitungan SEM dengan software SmartPLS versi 3.0. Data dianalisa dengan Analisa Pengaruh dengan Model Pengukuran (Outer Model) dan Model Struktural (Inner Model). Hasil penelitian : Variabel Inovasi Produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha. Tetapi Inovasi Produk memiliki tingkat keterpengaruhan yang lebih tinggi terhadap Kinerja Usaha jika didorong oleh variabel intervening keunggulan bersaing. Meskipun hasilnya positif tapi belum signifikan. Variabel Orientasi Pasar tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha secara langsung maupun setelah didorong oleh variabel keunggulan bersaing. Bahkan menghasilkan nilai yang lebih kecil. Budaya Organisasi berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja usaha justru tanpa didorong oleh variabel intervening Keunggulan bersaing. Jika melibatkan Variabel Intervening Keunggulan Bersaing justru menghasilkan hubungan yang negative. Dari hasil yang diperoleh maka Pemerintah Kabupaten Bojonegoro diharapkan lebih agresif lagi dalam upaya pemberdayaan UMKM Industri Kreatif Agrikultur. Sehingga ke depan UMKM tersebut bisa lebih berperan secara signifikan dalam memutar roda perekonomian di Kabupaten Bojonegoro
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UMKM, Industri Kreatif, Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Budaya Organisasi, Keunggulan Bersaing, Kinerja Usaha |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Master in Agribusiness Study Program |
Depositing User: | Fakultas Pertanian UWKS |
Date Deposited: | 03 Nov 2021 03:32 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 03:32 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10462 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year