Implementasi kebijakan merdeka belajar-kampus merdeka (Partisipatory research program kampus mengajar angkatan 1 di SD Budi Luhur Surabaya)

Nurmansyah, Yohni (2021) Implementasi kebijakan merdeka belajar-kampus merdeka (Partisipatory research program kampus mengajar angkatan 1 di SD Budi Luhur Surabaya). Bachelor (S1) thesis, Wjiaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf

Download (29kB)

Abstract

Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan pendidikan tinggi yang dimunculkan oleh Kementrian Pendidikan dan Budaya serta diharapkan dapat mewujudkan kemerdekaan maupun kebebasan bagi mahasiswa untuk melakukan pembelajarannya, tujuan kebijakan ini meningkatkan kompetensi lulusan dan menyiapkan pemimpin masa depan bangsa. Implementasi kebijakan MBKM dikemas dalam 8 jenis pembelajaran di luar kampus salah satunya adalah Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan yang dinamakan program Kampus Mengajar. Penelitian ini akan terfokus kepada Implementasi Kampus Mengajar Angkatan 1 di SD Budi Luhur Surabaya, adapun masalah yang diteliti meliputi bagaimana proses implementasi Kampus Mengajar Angkatan 1 di SD Budi Luhur Surabaya dan apa yang menjadi pesoalan maupun kendala dalam proses implementasi Kampus Mengajar Angkatan 1 di SD Budi Luhur Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan suatu Partisipatory Research dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SD Budi Luhur Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara tak berstruktur dan dokumentasi, teknik analisa data yang digunakan adalah data reduksi, data display, conclusion drawing/verification. Proses implementasi program Kampus Mengajar Angkatan 1 dengan melakukan Hubungan dan pola komunikasi dengan beberapa pihak baik Instansi Pemerintahan maupun diluar instansi pemerintahan, adanya sumber daya yang dikelola, serta Agen Pelaksana yang merupakan aktor yang memiliki pranan penting. Adapun permasalahan yang terjadi dalam proses implementasi program Kampus Mengajar Angkatan 1 meliputi hubungan dan pola komunikasi dengan pihak – pihak yang terlibat, keterlambatan pencarian dana bantuan hidup, ketidak hadiran DPL di SD Budi Luhur Surabaya, serta efektifitas pemilihan waktu berjalannya program.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kebijakan MBKM, Kampus Mengajar Angkatan 1, Implementasi Kebijakan, SD Budi Luhur Surabaya
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Polotical Science Study Program
Depositing User: Yohni Yohni Nurmansyah
Date Deposited: 14 Oct 2021 05:33
Last Modified: 14 Oct 2021 05:33
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10459

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year