Pengaruh metode pembelajaran joyfull learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN Pakis V Surabaya

Novara, Alberta (2019) Pengaruh metode pembelajaran joyfull learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN Pakis V Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Cover fix.pdf

Download (507kB)
[img] Text
ABSTRAK Vara.pdf

Download (150kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Joyfull Learning, Motivasi Belajar Siswa Motivasi memiliki peran sebagai pendorong usaha dalam mencapai prestasi, seseorang melakukan usaha karena adanya motivasi. Begitu pula dengan motivasi dalam pembelajaran. Berdasarkan kenyataannya siswa kelas V SDN Pakis V Surabaya masih pasif dan kurang memiliki motivasi dalam proses pembelajaran, sehingga perlu adanya penerapan cara mengajar yang berbeda dan menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Joyfull Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN Pakis V Surabaya. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah eskperimen Semu (Quasi Ekperimen). Sedangkan pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN Pakis V Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V-A dan V-B yang berjumlah 40 siswa pada masing-masing kelas, peneliti menggunakan sampel ini karena dari pengamatan sebelumnya kelas V-A dan V-B masih kurang motivasi dalam belajar, siswa pasif saat pembelajaran, tidak fokus, rasa ingin tahu tentang mata pelajaran kurang, dan guru masih sering menggunakan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi dan lembar angket untuk mendapatkan data penelitian, kemudian data hasil penelitian tersebut dianalisis menggunakan SPSSv22 for windows. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa adanya pengaruh tingkat motivasi belajar siswa kelasV dengan menggunakan metode Joyfull Learning, hal ini dapat dilihat bahwa nilai signifikasi 0,000< 0,05, sehingga terdapat pengaruh metode pembelajaran metode JoyFull Learning terhadap motivasi belajar pada materi IPS kelas V SDN Pakis V Surabaya

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Joyfull Learning, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Alberta Novara Prinotama
Date Deposited: 10 Sep 2019 01:20
Last Modified: 10 Sep 2019 01:20
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4548

Actions (login required)

View Item View Item