Peranan pendidikan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas VA SDN Wonokromo I/390 Surabaya

Aini, Nurridho (2018) Peranan pendidikan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas VA SDN Wonokromo I/390 Surabaya. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (440kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Aini, Nurridho. 2018. Peranan Pendidikan Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VA SDN Wonokromo I/390 Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Bahasa dan Sains, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.Pembimbing: (1) Herfa Maulina D.S., S.Si., M.Pd.dan (2) Dra. Suprihatien,M.M., M.Pd. Kata kunci :Peranan Pendidikan Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa Penelitian ini latar belakang pendidikan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan masa depan anak, termasuk dalam meningkatkan motivasi belajar anaknya pada proses belajar.Orang tua sebagai peletak dasar pendidikan bagi anak dalam keluarga yang selanjutnya akan menjadi dasar kepribadian anak dikemudian hari. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pendidikan orang tua berperan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.Penyebabnya adalah karena persepsi orang tua tentang pendidikan yang masih rendah, hal ini terlihat dari rendahnya pemahaman orang tua akan pentingnya pendidikan dan ketidaktahuan orang tua berkaitan dengan bentuk perhatian yang bisa orang tua berikan terhadap pendidikan anak. Solusinya adalah pendidikan orang tua dibutuhkan sebab peranan pendidikan dari orang tua memberikan pandangan pada anak untuk meningkatkan motivasi belajar guna melanjutkan pendidikan perguruan tinggi atau tidak. Dengan cara orang tua perhatian, menasehati dalam belajar, serta memberikan fasilitas yang dibutuhkan dalam belajar akan menumbuhkan rasa ingin belajar dan terus belajar dalam menggapai impian dan cita-citanya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peranan pendidikan orang tua dengan motivasi belajar siswa di SDN Wonokromo I/390 Surabaya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara orang tua siswa dan hasil angket motivasi belajar. Instrument penelitian yang digunakan adalah wawancara orang tua siswa dan angket motivasi belajar dengan bentuk tabel.Subjek penentuan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu menyebarkan angket hasil motivasi belajar siswa dan melakukan wawancara terhadap lima orang tua laki-laki siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan pendidikan orang tua dengan motivasi belajar siswa di SDN Wonokromo I/390 Surabaya sangat memiliki peran tinggi dalam memotivasi belajar siswa yaitu dengan selalu memberikan perhatian dan kasih sayang serta waktu yang cukup untuk anak-anaknya. Peranan pendidikan orang tua dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VA di SDN Wonokromo I/390 Surabaya walaupun kenyataannya hanya memperoleh kategori sedang atau cukup termotivasi belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peranan Pendidikan Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Nurridho Aini
Date Deposited: 18 Sep 2018 03:10
Last Modified: 18 Sep 2018 03:10
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2211

Actions (login required)

View Item View Item