PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI GAME BERBASIS CANVA PADA MATERI SUKU KATA DI KELAS 1 SDN PAKIS V SURABAYA

AULIA, RIANA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI GAME BERBASIS CANVA PADA MATERI SUKU KATA DI KELAS 1 SDN PAKIS V SURABAYA. [Tugas Akhir/Skripsi]

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
LAMPIRAN - 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1.pdf

Download (549kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)

Abstract

ABSTRAK Aulia, Riana. 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Game Berbasis Canva Pada Materi Suku Kata Di Kelas 1 SDN Pakis V Surabaya. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing (I) Friendha Yuanta, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing (II) Reza Syehma Bahtiar, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Animasi Game, Suku Kata, Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan merupakan upaya terstruktur yang bertujuan untuk menumbuhkan lingkungan dan proses belajar yang mengajak siswa untuk menggali dan mengembangkan potensi diri mereka. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan: (1) untuk mengembangkan media pembelajaran berupa animasi game berbasis Canva pada materi membaca dan menulis suku kata pada Kelas 1 SDN Pakis V Surabaya. (2) Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). (3) media yang dikembangkan diberi nama Batulia Play dan dirancang dengan memperhatikan aspek visual dan interaktif untuk meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa.Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan respon siswa, serta dilanjutkan dengan pretest posttest. (4) hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata 97%, ahli materi 88%, dan respon siswa 92,73% yang tergolong dalam kategori “Sangat Setuju”. Sementara hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 11,38% setelah menggunakan media. Dengan demikian, media Batulia Play terbukti layak dan efektif digunakna dalam pembelajaran membaca dan menulis suku kata pada Kelas 1 SDN Pakis V Surabaya.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Animasi Game, Suku Kata, Siswa Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: PENGEMBANG AULIA RIANA
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:03
Last Modified: 25 Sep 2025 02:03
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21203

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year