Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture picture terhadap minat belajar pada subtema jenis-jenis pekerjaan di kelas IV SDN Pakis V Surabaya

wulandari, putri (2021) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture picture terhadap minat belajar pada subtema jenis-jenis pekerjaan di kelas IV SDN Pakis V Surabaya. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP MINAT BELAJAR PADA SUBTEMA JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS IV SDN PAKIS V SURABAYA.

[img] Text
CamScanner 09-07-2021 18.25.pdf

Download (76kB)
[img] Text
SKRIPSI PUTRI.pdf

Download (304kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan peneliltian kuantitatif yang bertujuan untuk dapat mengetahui minat belajar siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture merupakan model yang menjadi pengaruh dalam materi tematik subtema jenis-jenis pekerjaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen desain penelitian nonequitvalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Pakis V Surabaya. Sampel penelitian ini menggunakan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalaha angket siswa dan tes yang berupa pre-test dan post-test dalam pembelajaran daring menggunakan google meet. Teknik pengumpulan data menggunakan angket siswa dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hasil hipotesis adalah menggunakan uji independent sampel t test pada aplikasi IBM SPSS 20. Hasil analisis angket dan tes yang diperoleh dari uji independent sampel t test diperoleh nilai t hitung > t tabel yakni 4.957 > t tabel 4.774 maka dapat diambil keputusan bahwa Hο ditolak dan Hα diterima. Nilai Signifikan (2-tailed) menunjukan angka 0,039 < 0,05. Maka terdapat perbedaan yang signifikansi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap minat belajar pada subtema jeni-jenis pekerjaan di kelas IV SDN Pakis V Surabaya menunjukkan angka 39,67 % berdasarkan perolehan presentase tersebut model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berpengaruh positif terhadap siswa kelas IV SDN Pakis V Surabaya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: picture and picture, minat belajar, tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: PUTRI WULANDARI WULANDARI
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:26
Last Modified: 10 Sep 2021 02:26
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/9669

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year